Erabaru.net. Sebagian besar Sikh memakai serban yang berukuran kurang dari 23 kaki.

Namun, seorang pria asal India, serbannya berukuran lebih dari 2.000 kaki panjangnya dan memiliki berat sebesar 100 pon atau 45 kg dengan hiasan beberapa ornamen yang unik dan dekoratif.

Apa alasannya memakai serban sebesar itu?

Seorang pria dari suku Sikh yang berusia 60 tahun dan taat agama, bernama Avtar Singh Mauni di Punjab, India utara, kerap memakai serban besar yang berukuran 2.115 kaki, setara dengan panjang 13 kolam renang yang sering digunakan dalam ajang Olimpiade.

Kredit: Getty Images | NARINDER NANU

Avtar telah menambahkan sorbannya selama lebih dari 15 tahun, dan ketika MailOnline mewawancarainya pada 2014, ia membutuhkan waktu enam jam untuk memasang serban ini.“Saya tidak menganggapnya (serban) sebagai beban. Saya selalu merasa sangat senang dan bahagia saat memakainya. Saya terus memakai kain ini di atas kepala saya,” ujarnya.

Youtube Screenshot | Mode

“Pada masa-masa sulit dimana saya tidak memakai serban ini, saya selalu merasa tidak lengkap. Saya merasa ada beberapa bagian dari diri saya yang hilang, dan terus bertanya-tanya, ‘di mana serban saya?’. Saya akan tetap memakai serban ini di kepala saya, hingga kekuatan tubuh saya berkurang dan sama sekali hilang,” tambahnya.

Youtube Screenshot | Mode

Avtar ingin memecahkan rekor dunia Guinness untuk serban terpanjang.

Rupanya, usahanya tersebut berhasil. Ia berhasil mengalahkan rekor dunia yang sebelumnya sempat dipegang oleh Mayor Singh, yang memiliki serban sepanjang 400 meter.

Youtube Screenshot | Mode

Selain serbannya yang seberat 45 kg, Avtar juga sering membawa pedang dan gelang seberat 39 kg.

Ukuran belitan serbannya yang besar, membuatnya kesulitan saat memasuki pintu, sehingga tidak mungkin baginya untuk masuk ke dalam mobil.

Oleh karena itu, ia selalu mengendarai sepeda motor saat hendak bepergian kemana-mana.

Youtube Screenshot | Barcroft TV

Serban kepala Avtar kerap menarik banyak perhatian masyarakat, kemana pun ia pergi.

Youtube Screenshot | Barcroft TV

“Ketika saya pergi keluar, banyak orang berkumpul di sekitar saya. Ada yang kagum dan berkata kepada saya, ‘Anda hebat karena mampu mengenakan serban besar semacam itu. Anda pasti telah diberkati dengan banyak energi dan kekuatan.’ Tapi terkadang yang mereka inginkan hanyalah memotret saya dan serban yang saya pakai, jadi saya dengan keras menyuruh mereka berhenti memotret,” katanya.

Menurutnya ia membutuhkan waktu berjam-jam untuk memakai serban di kepalanya itu.

Tonton video di bawah ini. (intan/rp)

Share

Video Popular