Erabaru.net. Sebuah bola bulat yang berukuran sangat besar telah ditemukan di sebuah hutan di Bosnia.

Ini adalah salah satu dari beberapa bola raksasa yang ditemukan di daerah tersebut, dan ini juga merupakan yang terbesar.

Penemunya mengklaim bahwa itu diciptakan oleh peradaban di zaman kuno, dan tampaknya, ada banyak bukti yang mendukung klaim tersebut.

Sebuah bola batu berukuran raksasa ditemukan di sebuah hutan Bosnia, tepatnya dekat kota Zavidovici oleh arkeolog Sam Osmanagić.

Bola ini memiliki diameter sekitar 6 meter, dan memiliki kandungan besi yang luar biasa besar. Sam memperkirakan beratnya sekitar 27.000 kg.

Sam, yang juga dikenal dengan nama “Indiana Jones”, menjelaskan bahwa objek itu “mungkin bisa disebut sebagai bola batu terbesar di planet ini.”

Walaupun memang, bola ini bukanlah satu-satunya bola raksasa yang pernah ditemukan.

YouTube | The Cosmos News

Sam percaya bahwa bola raksasa itu dibangun oleh manusia yang hidup peradaban kuno.

Namun, peradaban tersebut tergolong peradaban yang maju di zamannya dahulu kala.

YouTube | The Cosmos News

Sam mengatakan, seperti yang dilaporkan oleh Piramida Bosnia dari Yayasan Matahari, “Pertama, ini adalah bukti lain bahwa Eropa Selatan, Balkan dan Bosnia pada khususnya, adalah pusat peradaban maju di masa lalu dan kita memang tidak memiliki catatan tertulis tentang mereka.”

Kedua, mereka memiliki teknologi tinggi di masanya, yang memang berbeda dari kita. Dimana mereka berhasil menemukan teknologi bentuk geometris, karena bola adalah salah satu bentuk yang paling kuat bersama dengan bentuk piramida dan kerucut.

“Tak heran, bahwa piramida dan fenomena tumulus juga bisa ditemukan di Bosnia.”

YouTube | The Cosmos News

Meskipun Dr. Sam menerima dukungan dan pendanaan untuk penemuan barang-barang aneh yang diduga sebagai peninggalan peradaban kuno, bahkan ia didanai oleh pemerintah Bosnia dan semacam selebriti di daerah tersebut, dia juga kerap mendapat kritik atas karya penemuannya itu.

Mandy Edwards dari Sekolah Bumi Universitas Manchester percaya bahwa batu itu bisa jadi akibat dari fenomena yang disebut “concrete,” di mana massa batuan memadat, seringkali berbentuk bola, yang mana terbentuk karena pengendapan semen mineral alami di dalam ruang antara butiran sedimen.

YouTube | The Cosmos News

Menariknya, bola padat serupa dapat ditemukan di Kosta Rika, meskipun tidak diketahui apakah bola-bola padat ini memiliki keterkaitan dengan bola padat yang ada di wilayah Bosnia.

UNESCO menggambarkan fenomena bola Kosta Rika sebagai, kumpulan bola batu, berdiameter antara 0,7 m dan 2,57 m, yang maknanya, penggunaan dan produksinya masih menjadi misteri. (intan/rp)

Share

Video Popular