Erabaru.net. Pernahkah kalian perhatikan kalau sebagian besar para mama yang sedang menggendong bayinya itu kebanyakan di sebelah kiri?

Berdasarkan hasil riset, sekitar 70-85% mama merasa kalau menggendong bayi di sebelah kanan itu relatif tidak nyaman, dan ini ada dasar ilmiahnya lho!

Pertama, kita tahu lebih banyak orang yang menggunakan tangan kanan daripada tangan kiri.

Tapi jika kita menggendong bayi di sebelah kiri, kita lebih gampang menggunakan tangan kanan kita untuk melakukan berbagai macam hal.

Internet

Selain itu, jika kita menggendong bayi di sebelah kiri, sang bayi itu sendiri bisa merasa lebih nyaman dan aman.

Internet

Menurut studi ekologi alam dan penelitian jaman sekarang di jurnal “Nature”, menggendong bayi di sebelah kiri akan membantunya menjaga kesehatan otak kanan sang bayi itu sendiri.

Seperti yang kita tahu juga, otak kanan berfungsi untuk mengatur gerak tubuh sebelah kiri dan menjaga EQ.

Internet

Ini juga menunjukkan bahwa jika sang bayi menangis, takut ataupun lapar, semuanya diatur dari otak kanan sang bayi.

Jadi para mama bisa tahu kalau bayinya menangis atau merengek harus menggendongnya di sebelah mana, supaya bayinya bisa kembali tenang.

Selain itu, dengan menggendong bayi di sebelah kiri, para mama bisa lebih cepat dan mudah untuk mengetahui apakah anak itu sakit atau takut, sekaligus juga memastikan perlindungan dan cinta kasih ibu yang kuat terhadap buah hatinya.

Erabaru.net juga mendapatkan beberapa foto para mama yang lagi menggendong bayinya.

Internet
Internet

Dan memang tidak kebetulan hampir semua mama menggendong bayinya di sebelah kiri loh!

Kesimpulannya, kesempatan bertahan hidup bayi yang digendong di sebelah kiri itu lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa manusia memiliki kebiasaan ini!

Selain alasan di atas, si bayi juga akan merasa lebih aman jika digendong di sebelah kiri.

Karena hati manusia letaknya di sebelah kiri, bisa membuat si bayi dekat dengan dada sang ibu, dan mendengarkan detak jantung ibu, seperti sedang mendengarkan alunan lembut lagu Hush Little Baby (ninabobo), menenangkan sanubari mereka. (jhony/rp)

Sumber: kknews.cc

Share

Video Popular