Erabrau.net. Pola makan vegetarian dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, demikian klaim sebuah studi baru.

“Manfaat kesehatan langsung dari pola makan vegetarian, seperti penurunan berat badan, penurunan tekanan darah , dan memperbaiki kadar kolesterol, didokumentasikan dengan baik dalam penelitian terkontrol,” kata Susan Levin, dari Physicians Committee for Responsible Medicine , AS.

“Kami berharap dapat memberdayakan pasien dengan penelitian baru tentang manfaat kesehatan kardiovaskular jangka panjang dari diet vegetarian, yang meliputi mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan kematian dini, “tambahnya.

Periset menemukan bahwa diet vegetarian berbasis tumbuhan menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan HDL (high density lipoprotein).

Hubungan yang kuat antara makanan vegetarian dengan kadar kolesterol yang lebih rendah dikarenakan makanan vegetarian menurunkan berat badan, pengurangan asupan lemak jenuh dan peningkatan asupan makanan nabati, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan , dan biji-bijian, yang secara alami kaya akan kandungan seperti serat larut, protein, dan sterol tumbuhan, kata mereka.

Penurunan risiko yang lebih besar untuk kadar kolesterol HDL dan LDL yang diamati dalam studi longitudinal kemungkinan disebabkan oleh kepatuhan jangka panjang terhadap pola makan vegetarian dan perubahan komposisi tubuh, kata periset.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Nutrition Reviews.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share

Video Popular