Erabaru.net. Selama masa kolonial Inggris, di India, ada banyak pejuang yang berkorban dan bertempur dengan gagah berani untuk negaranya. Ada banyak pahlawan tanpa nama, yang bahkan saat ini tampaknya belum mendapat pengakuan dari pemerintahnya. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa di negara itu!

Pria ini bukan hanya pejuang kemerdekaan, tapi juga membantu mendidik anak-anak miskin secara gratis yang sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya.

Namun, dia tidak pernah berada di garis depan untuk membanggakan kesuksesannya itu. Dia adalah pahlawan sejati yang dimiliki India!

(Foto : Twitter)

Sudhanshu Biswas lahir pada tahun 1917 di Bengal, India, yang merupakan seorang pejuang kemerdekaan India.

Dia kemudian melanjutkan misi baru dan tidak beristirahat, bahkan setelah India terbebas dari kolonial Inggris!

Dia melanjutkan perjuangannya untuk memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak miskin.

Dia memulai mendirikan sekolah bernama Ramakrishna Sevaashram pada tahun 1973, dan telah mendirikan 18 sekolah dasar di wilayah Sunderbans, Bengal Barat.

Bukan hanya itu, Biswas mengelola panti jompo, apotik untuk amal dan panti asuhan.

(Foto : thebetterIndia.com)

Pasca kemerdekaan, Biswas mendapat kepercayaan dari filosofi Swami Vivekananda.

Dia mengasikan diri selama satu setengah dasawarsa dari kehidupan sosialnya dan pergi ke Himalaya untuk mencari ilmu!

Misi yang dia mulai telah berkembang begitu banyak selama ini. Sekolah non-formal di Ramkrishnapur telah mengubah kehidupan banyak anak yatim yang kurang mampu.

Aspek yang baik untuk ini adalah, banyak mantan muridnya telah berhasil meraih cita-citanya seperti guru, dokter dan teknisi.

Karena Biswas adalah orang beriman, ajaran agamanya menjadi bagian dari sistem pendidikan. Biswas sendiri adalah seorang guru Matematika.

(Foto : thebetterIndia.com)

Misinya tidak hanya menetap di sana, dia juga memberikan perlindungan kepada beberapa orang lanjut usia dari desa-desa terdekat.

Meski usianya sudah memasuki usia lanjut, dia masih mengelola apotik amal dan mengumpulkan sampel obat untuk mendistribusikannya ke orang sakit!

Ternyata, di zaman sekarang, banyak yang tak menyangka orang seperti Biswas masih ada diantara kita di masyarakat!

Ketika India dalam penjajahan, orang ini memiliki misi untuk membebaskan orang India dan setelah kemerdekaan juga, orang ini memiliki tujuan untuk mendidik kelas terbelakang di negaranya!

Berikan penghargaan tertinggi kepada orang ini, yang menetapkan tujuan hidupnya untuk melayani negara tanpa pamrih!(intan/yant)

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular