Erabaru.net. Seorang nelayan dikabarkan berhasil menangkap beberapa makhluk yang cukup aneh dari kedalaman samudra.

Seekor ikan yang memiliki kaki, berwarna merah muda dan bermata aneh. Pria yang sudah berpengalaman sebagai nelayan ini mengaku, belum pernah melihat ikan seperti itu sepanjang tahun ia memancing di lautan.

Seorang kapten kapal nelayan, Dr. Pescado Rendon menangkap makhluk merah muda yang bertubuh gendut di salah satu kunjungan mereka di dekat pantai Los Cabos, Meksiko. Nelayan lain menyebutnya “ikan asing”, tapi makhluk apa sebenarnya ini?

© Facebook | Pisces Sportfishing Cabo

“Saya benar-benar terkejut saat menemukannya, tapi yang menyebabkan ikan ini tampak aneh adalah bagian matanya,” kata Pescado kepada Pisces Sportfishing Cabo.

Disebutkan ikan itu memiliki kulit berwarna merah muda pucar, tiga gigi mungil, dan tiga celah insang di setiap sisi kepala.

© Facebook | Pisces Sportfishing Capo

“Ikan hiu yang gemuk ini tampak sangat keren saat dilihat, namun keanehan ikan ini menjadikannya sebagai makhluk anomali,” kata Dr. David Ebert, direktur Pusat Penelitian Hiu Pasifik.

“Dalam skema yang lebih besar, penemuan ini menyoroti spesies yang cenderung diabaikan dan tidak sering diteliti oleh para ilmuwan. Peristiwa seperti ini mendorong para ilmuwan untuk memikirkan hiu yang mungkin belum mereka temukan, jadi saya berencana untuk menjangkau mereka kapan pun mereka muncul. “

© Facebook | Pisces Sportfishing Armada

Kita semua mungkin senang mengetahui bahwa hiu merah bengkak itu dilepaskan kembali ke laut oleh nelayan yang menangkapnya, agar ia bisa menjalani sisa kehidupan alami di habitatnya.

© Pacific Shark Research Center / Dr. David A. Ebert

Hewan itu diidentifikasi sebagai swellshark albino, atau nama ilmiahnya adalah  Cephaloscyllium ventriosum .

Cephaloscyllium  termasuk kedalam genus catsharks, yang umumnya dikenal sebagai swellsharks.

Mereka memiliki mekanisme pertahanan yang luar biasa, dimana tubuh mereka bisa mengembang jika terkontaminasi air atau udara.

Ikan hiu “aneh ini” memiliki tubuh berbentuk spindel, kepala rata, dan mulut dengan gigi-gigi yang berukuran kecil.

Sebuah swellshark (tipe non-albino).

© Getty Images

(intan/asr)

Sumber : Pisces Sportfishing Cabo

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular