Apa yang harus dilakukan jika tetangga Anda merusak kebun Anda?

(Foto : Lionel Rich | Wikimedia Commons – CC-BY-SA-2.0)

Song Jiu adalah seorang gubernur di negara bagian Liang selama Periode Negara Berperang (722 SM-481 SM).

Negara yang berdekatan dengan Liang adalah negara bagian Chu, dan perbatasan antara kedua negara ditandai oleh sebuah pos.

Petani melon dari masing-masing negara mengerjakan tanah di sisi pos mereka masing-masing.

Orang-orang Liang rajin dan sering mengairi kebun mereka, sehingga tanaman melon mereka tumbuh subur dan berbuah besar-besar. Tapi sebaliknya dengan orang-orang Chu, mereka malas. Mereka hampir tidak pernah menyirami kebunnya, jadi melon mereka kecil dan layu.

Karena iri melihat kebun melon penduduk Liang, suatu malam orang-orang Chu menyeberang ke kebun melon orang-orang Liang dan menginjak-injak tanaman melon, dan tanaman melon itu pun banyak yang rusak.

Keesokan harinya, ketika orang-orang Liang menemukan tanaman melonnya rusak parah, mereka sangat marah dan melaporkannya ke Gubernur Song , untuk membalas dendam.

Song menggelengkan kepalanya dan berkata, “Kita seharusnya tidak melakukan itu. Membuat musuh adalah jalan menuju bencana. ”

(Foto : Zhiching Chen | Epoch Times)

Sebagai gantinya, Song merancang sebuah rencana: Satu kelompok dari orang-orang Liang akan dikirim untuk secara diam-diam menyiram kebun melon Chu setiap malam. Tapi itu harus menjadi rahasia, dia bersikeras; Tidak boleh ada yang memberitahu Chu.

Keesokan paginya, ketika orang-orang Chu pergi memeriksa tanaman mereka, mereka melihat bahwa tanamannya tampak segar.

Dengan bantuan sembunyi-sembunyi dari orang-orang Liang, tanaman melon negara bagian Chu tumbuh lebih baik dan semakin lebih baik dari hari ke hari.

Orang-orang Chu merasa aneh dengan perubahan kebun melonnya dan mulai menyelidiki.

Ketika mereka menemukan bahwa orang-orang Liang yang telah membantu mereka, mereka sangat terharu dan melaporkannya ke pemerintah mereka.

Raja Chu kemudian meminta maaf kepada orang-orang Liang dengan hadiah yang murah hati, dan bersumpah untuk menjalin persahabatan antara kedua negara bagian tersebut.

Liang dan Chu kemudian mengembangkan aliansi yang hebat dan bertahan lama.

Selama berabad-abad, kebijaksanaan Song Jiu dan keterbukaan telah diingat, dan kisah tentang bagaimana dia membalas tindakan yang merugikan dengan tindakan kebaikan telah diwariskan selama berabad-abad.

Share

Video Popular