Erabaru.net. Seorang seniman bernama James McNabb belajar mengolah kayu atau woodworking sebagai bahan dasar pembuatan furniture.

Ia pun telah mengubah pengetahuan itu untuk menopang kariernya sebagai pemahat yang menciptakan pemandangan kota geometris yang menakjubkan dari potongan-potongan kayu.

Sumber: McNabb & Co. Studio

Berbekal sebuah gergaji, seniman yang bermarkas di Philadelphia tersebut menciptakan karya-karya besar yang “mengeksplorasi kemungkinan tak terbatas dari pemandangan sebuah perkotaan dan hubungan antar manusia.”

Dia menggabungkan teknik woodworking tradisional dengan metode eksperimental yang dia dapatkan, untuk mengembangkan pemandangan kota ke dalam sesuatu yang baru.

Sumber: McNabb & Co. Studio

Situs web McNabb menggambarkan penggambarannya sebagai, “Kumpulan patung terinspirasi dari pemandangan kota yang mengeksplorasi konsep sosiologis mengenai transformasi keindahan dam keunikan sebuah kota modern.”

Sumber: McNabb & Co. Studio

McNabb mengambil beberapa potongan kayu yang tak terpakai, lalu membentuk berbagai gedung pencakar langit, gedung hotel, dan gedung tinggi khas perkotaan dengan menggunakan gergajinya.

Sumber: McNabb & Co. Studio

“Beberapa karyanya memiliki karakteristik yang sangat unik dan menawan, yang dikontekstualisasikan untuk menarik makna baru dari materi kota yang diambil dan mengajak para pemirsa untuk menciptakan perspektif mereka sendiri tentang sebuah pemandangan perkotaan,” tulis McNabb dalam situs webnya.

Sumber: McNabb & Co. Studio

Dia bahkan menciptakan proses pembuatan karya seni ini, yang dia sebut sebagai “membuat sketsa dengan gergaji” dimana seniman dapat dengan cepat menciptakan bentuk dan membangun wujudnya langsung, tanpa harus merencanakan desain terlebih dahulu.

Sumber: McNabb & Co. Studio

“Pendekatan dalam karya seni kayu ini adalah upaya untuk menangkap pembuatan karya seni yang cepat, yang biasa ditemukan dalam karya seni kontemporer,” tulis McNabb dalam situsnya.

“Karya yang dihasilkan adalah komposisi terdistorsi dari bentuk-bentuk bangunan khas perkotaan yang diabstraksikan, lalu dieksplorasi lebih dalam.”

Menurut This Colossal , McNabb sebelumnya tidak pernah berniat untuk membangun karya seni mengagumkan ini.

Awalnya, dia bertujuan untuk membuat potongan kayu yang diolah menjadi alat atau benda familiar lainnya, yang berguna bagi manusia.

Sumber: McNabb & Co. Studio

Namun, setelah ia membangun 250 karya dalam satu hari, ia mulai menyadari bahwa ia telah membuat sebuah miniatur perkotaan yang indah.

McNabb tidak benar-benar tahu seperti apa kepingannya, hingga dia selesai mengerjakannya.

Sumber: McNabb & Co. Studio

Karya terbaru McNabb saat ini dipamerkan di Pameran Galerie Magda Danysz di Paris mulai hari ini hingga 24 September 2017 mendatang.

“Begitu banyak waktu yang saya habiskan, dari pagi hingga larut malam untuk mempersiapkan diri dalam acara ini,” tulisnya di Instagram.

Dia baru-baru ini juga tampil dalam sebuah video yang diunggah di situs My Modern Met, yang menunjukkan karya seni yang dibuat McNabb, hingga ia berhasil memamerkan karya seninya di sebuah pameran tunggalnya di Paris. Anda bisa menonton video di bawah ini.

(intan/asr)

Sumber: My Modern Met/shareably.net

Share

Video Popular