Erabaru.net. Sudah tampak jelas bahwa populasi lebah menurun lebih cepat dari yang diperkirakan semula. Sebenarnya, seiring dengan merebaknya “Wabah Runtuhnya Koloni Lebah”, 1 dari 4 spesies lebah asli berisiko punah. Dan ini menjadi kabar buruk bagi tanaman pangan kita.

Penelitian baru dari kelompok kerja di UC Santa Barbara National Center for Ecological Analysis and Synthesis, AS, menunjukkan bahwa:

“…hewan penyerbuk tanaman mengandung sebagian besar lipida makanan, vitamin A, C, dan E, serta sebagian besar mineral kalsium, fluorida, dan besi di seluruh dunia. Kenaikan hasil panen dari tanaman pangan yang tergantung pada hewan penyerbuk ini adalah signifikan, dan berpotensi memiliki pengaruh yang drastis pada nutrisi manusia jika terancam.”

Lebah menyerbuki 70 dari 100 jenis tanaman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Sebagian besar keragaman nutrisi dalam makanan Amerika sepenuhnya bergantung pada lebah.

Ya, Anda bisa hidup dari soda, biji-bijian, daging dan bir, tapi masih ada lubang besar dalam nutrisi Anda. Sebenarnya, ini sangat jelas jika kita melihat seberapa banyak pengaruh lebah pada asupan bergizi.

Berikut adalah sebagian makanan yang dalam bahaya jika populasi lebah terus menurun dalam jumlah besar.

1. Kacang almond

Apakah Anda termasuk penggemar susu kacang almond? Kacang almond sangat bergantung pada lebah untuk penyerbukannya, membutuhkan banyak sarang lebah untuk per hektar pohon almond.
Di California, di mana 80 persen kacang almond dunia dipanen, tidak banyak lebah yang bisa bertahan.
Petani harus menyewa lebah dari daerah lain yang dikirim agar dapat menyerbuki bunga-bunga almond.

Praktik ini bisa sangat mengganggu dan membahayakan bagi lebah, yang tidak diciptakan untuk melakukan perjalanan jauh dari lingkungan rumah mereka. Namun tak perlu dikatakan, kacang almond tidak ada tanpa lebah.

2. Alpukat

Jika Anda menikmati kudapan alpukat, sekarang saatnya untuk mendengarkannya. Alpukat mengandalkan hewan penyerbuk, terutama lebah, untuk menghasilkan buah dan bereproduksi secara efektif.

Penurunan populasi lebah yang substansial akan membuat buah alpukat lebih langka dan bahkan lebih mahal daripada sebelumnya. Tentu saja kita tidak menginginkan itu.

3. Kelapa

Ya, kelapa terutama diserbuki oleh angin, namun hasil panen dapat berpotensi berlipat ganda bila lebah hadir di dalamnya.

Mungkin saja ketidakhadiran sang lebah tidak akan mengakibatkan malapetaka bagi kelapa buah ajaib, namun ia tidak mungkin berproduksi untuk mengikuti tren “kelapa membuat segalanya menjadi lebih baik”, tanpa dorongan dari lebah.

4. Kopi

Bagi sebagian besar orang dewasa, kopi adalah bagian terpenting di pagi hari. Untungnya, kopi mampu melakukan penyerbukannya sendiri, artinya akan terus ada meski lebah tidak melakukannya.

Meskipun kehadiran lebah tidak begitu penting untuk produksi kopi, akan tetapi interaksi mereka dapat meningkatkan kualitas dan hasil tanaman kopi sebanyak 50 persen.

Jika lebah punah, kemungkinan kopi akan menjadi jauh lebih mahal dan sulit didapat. Dengan begitu banyaknya orang yang mengandalkan kopi setiap hari, maka ini bukan kabar baik.

5. Buah beri

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai hari dibandingkan dengan semangkuk besar buah segar atau smoothie beri. Tapi, lebah sangat bertanggung jawab atas penyerbukan sebagian besar buah beri.

Jika kita kehilangan lebah, kita juga akan kehilangan buah beri yang berair, penuh warna, dan sangat menyehatkan. Selamat jalan, pancake blueberry.

6. Jeruk

Apakah Anda menyukai segelas jus jeruk? Dunia sekelompok kecil lebah adalah dunia dengan sedikit jeruk.

Meskipun jeruk navel melakukan penyerbukannya sendiri, namun diperkirakan 90 persen keluarga jeruk mengandalkan hewan lebah untuk melakukan penyerbukan. Kita membutuhkan lebah jika ingin terus menikmati jus aneka jeruk yang menyegarkan itu.

7. Madu

Yang ini pasti sudah jelas, tapi berhentilah sebentar dan bayangkan betapa lezatnya madu itu, terutama pada roti yang diolesi mentega almond.

Tanpa lebah, madu adalah hal pertama yang hilang dari meja makan kita, karena itulah pentingnya mendukung petani madu. Semakin lestari dunia peternak lebah madu, semakin banyak populasi lebah yang akan didapat.

Apabila Anda berpendapat bahwa pemanenan madu berbahaya dan kejam terhadap lebah, pertimbangkanlah juga populasi masif lebah yang terbunuh saat mereka dikirim untuk menyerbuki tanaman pangan seperti kacang almond, demi Anda bisa menikmati susu almond.

Seluruh koloni lebah hancur saat kita mengirimnya ke seluruh negeri di wilayah yang asing dan terkontaminasi pestisida.

Petani madu meningkatkan populasi lebah kita, seringkali dengan cara yang berkelanjutan dan manusiawi. Oleh karena itu dukunglah produsen madu lokal.

Lebah sangat bertanggung jawab atas keragaman dan nutrisi dari makanan kita. Tentu, Anda masih bisa hidup dengan telur, daging dan roti, akan tetapi makanan tersebut termasuk beberapa makanan paling sehat dan bergizi yang kita miliki.

Luangkan waktu sejenak untuk mengucapkan terima kasih kepada lebah atas segelas smoothie, jus alpukat atau susu almond latte. Mereka adalah hewan pekerja kecil yang sangat menakjubkan. (nit/yant)

Sumber: care2

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular