Wushan dan peramal tua saling pandang sejenak. Kemudian Wu Shan menatap ke langit dan berpikir sejenak, lalu berkata, “Cuaca besok cerah. Polisi biasanya akan melewati Jembatan Laiyang malam menjelang pulang kerja, dan total ada delapan polisi.”

Mendengar ramalan Wu Shan itu, peramal tua tampak tertawa terbahak-bahak dan berkata, “Ramalan saya mengatakan besok akan turun hujan, dan ada orang yang disambar petir. Karena hujan, mana mungkin polisi datang, jadi saya bertaruh polisi tidak akan datang besok.”

Ilustrasi hujan lebat (Dwleindecker/iStock)

Orang-orang pun bertanya mengapa polisi tidak akan datang, karena mereka tahu polisi pasti akan melewati jembatan Laiyang ini setiap hari, itu adalah hukum wajib yang tak tergoyahkan. Jadi mereka pun berpikir peramal tua itu akan kalah. “Kita buktikan saja besok,” kata si peramal tua.

Sepulangnya ke rumah, Wushan tidak bisa tidur malam itu, ia bolak-balik berpikir sepanjang malam. Dia tidak bisa menerawang peramal tua itu, dia takut bertemu dengan peramal sakti yang sebenarnya, dulu dia hanya belajar sedikit dari seorang guru.

Jika peramal tua itu benar-benar hebat, dia takut kalah di tangan peramal tua itu. Dan kalau memang seperti itu, maka sejak itu ia tidak akan bisa lagi mencari makan di kota Longyang.

Wushan memutuskan besok tidak membuka dulu lapaknya, tapi dia akan menyamar untuk melihat-lihat situasi di sana. Dia berharap jangan sampai ada yang mengenalinya, dan jangan sampai dianggap peramal tua bahwa dia melarikan diri.

Dia sangat yakin bahwa besok polisi akan ke Jembatan Laiyang, karena itu adalah hukum patroli yang tak tergoyahkan, dan dia baru akan menunjukkan jati dirinya setelah polisi ke jembatan itu. Ini dilakukannya untuk membuktikan bahwa dia yang menang.

Jika polisi tidak datang seperti yang dikatakan peramal tua, ia bisa memanfaatkan penyamarannya untuk kabur, dengan begitu dia bisa maju maupun mundur tergantung situasi, dan ia akan bilang sakit jika ada yang menanyainya.

Singkatnya, tidak akan membiarkan peramal tua itu menyepaknya.

Share

Video Popular