Erabaru.net Memiliki kesehatan yang baik mungkin adalah hal yang paling berharga untuk dimiliki. Tapi setiap hari penyakit atau kelainan baru pada tubuh akan terus selalu muncul.

Meski ada konsep yang disebut perawatan medis, masih ada jutaan di negara India yang masih belum memiliki akses ke sana, dikarenakan biayanya yang selangit dan tak terjangkau oleh rakyat miskin.

Untungnya seorang pahlawan baru telah muncul di negara ini, dia dijukuki ‘Medicine Baba’ atau Bapak Obat-obatan!

(Foto : Facebook | Medicine Baba)

Omkar Nath Sharma alias Medicine Baba adalah pria yang sangat dibutuhkan di setiap negara.

Bagaimana tidak? Ia rela mendedikasikan hidupnya untuk mengumpulkan obat-obatan dan memberikannya secara gratis kepada orang-orang miskin yang tak mampu membeli obat.

Ia berharap, langkah dan dedikasinya ini bisa menjembatani orang-orang yang tak bisa menjangkau akses kesehatan yang baik!

(Foto : Facebook | Medicine Baba)

Terlahir di era pra kemerdekaan, Omkar bekerja sebagai teknisi di bank darah. Melalui pekerjaan inilah niat baiknya muncul!

Pada tahun 2008, sebuah jembatan runtuh sehingga menyebabkan banyak korban luka. Namun karena kurangnya jumlah tenaga medis dan obat-obatan, banyak orang dikirim kembali ke rumah setelah mendapat pertolongan pertama.

Kurangnya pengobatan tersebut bisa mengancam kehidupan beberapa orang. Kejadian inilah yang menjadi pembuka mata bagi Okmar, dan dia mulai mengumpulkan obat yang masih bagus namun sudah tidak terpakai.

(Foto : Facebook | Medicine Baba)

Ia berasal dari Delhi, Okmar berjalan setidaknya 5-6 km setiap hari dari pintu ke pintu, meminta orang untuk menyumbangkan obat-obatan mereka yang tidak terpakai.

Dia memastikan untuk menyimpan semua obat yang telah dikumpulkannya dan dia meminta pemberi obat memberikan tanda bukti asli untuk memastikan keaslian obatnya.

Okmar juga memastikan untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa sebelum menerima obat apa pun.

(Foto : Facebook | Medicine Baba)

Dia telah membuka apotek di rumah bersama istrinya dan anak laki-lakinya yang menderita kelainan mental. Dia juga mendistribusikan obat-obatan ke berbagai LSM untuk memperluas jangkauan misinya itu.

Memasuki usia tua dimana banyak orang untuk menikmati hari tuanya dan bersantai, bapak Obat-obatan ini justru malah tidak ingin beristirahat.

Karyanya telah menjembatani kesenjangan fasilitas kesehatan yang luas yang dialami masyarakat kurang mampu di India.

Sejauh ini, inisiatif Omkar Nath Sharma ini telah membantu ribuan orang untuk mendapatkan pengobatan gratis!

Di zaman yang semakin individualis ini, ternyata masih banyak orang di luar sana yang mendedikasikan hidupnya untuk orang lain.(intan/yant)

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular