Erabaru.net. Lebih dari dua belas tahun yang lalu, pria asal San Francisco Bay, AS, ini terjerat hutang dan mengakibatkan dirinya mengalami depresi, dan merasa tidak ada jalan keluarnya. Saat itulah dia berjalan ke Jembatan Golden Gate untuk melakukan sesuatu yang sangat menyedihkan. Namun, tak disangka, takdir mengatakan bahwa ia tak bisa mengakhiri hidupnya saat itu.

Seorang pria bernama Kevin Berthia harus menanggung biaya pengobatan bayi perempuannya, yang lahir prematur, dan memerlukan perawatan khusus, yang jumlahnya mencapai hampir 250.000 dollar AS atau (lebih dari 3 miliar rupiah).

Karena Kevin tak mampu membayar pengobatan tersebut, ia berencana untuk mengakhiri hidupnya dengan melompat.

“Saya terbebani dengan segala-galanya,” dia berbagi. “Ini seperti semua hal yang pernah saya hiraukan, segala sesuatu yang tak pernah saya hadapi terjadi pada saat ini. Dan aku merasa gagal. Yang harus saya lakukan adalah mengakhiri hidup dan semuanya selesai. Aku bebas dari semua rasa sakit ini. ”

(Foto : San Francisco Chronicle)

“Sebelum 11 Maret 2005, saya tidak pernah pergi ke jembatan,” kata ayah 32 tahun itu. “Saya bahkan tidak tahu bagaimana menuju ke sana. Saya harus menanyakan arah ke orang-orang.”

(Foto : Yahoo News Video Screenshot)

Untungnya, niat buruk Kevin itu bisa dihentikan. Petugas Kepolisian Lalu Lintas California, bernama Kevin Briggs yang kebetulan berpatroli di jembatan pada hari itu, dan menemukan Kevin tepat pada waktunya.

Setelah sekitar 90 menit berbicara dari hati ke hati, akhirnya, Briggs mendapatkan kepercayaan dari orang yang putus asa itu, dan berhasil membujuknya agar menghentikan niat bunuh dirinya.

Setelah membawa Kevin ke rumah sakit, mereka berpisah, dan tidak lagi bertemu sampai bertahun-tahun kemudian.

Kevin sekarang telah hidup bahagia. Ia telah menikah dan memiliki dua anak. Tentu saja, ini tak lepas dari peran Petugas Briggs.

(Foto : Yahoo News Video Screenshot)

Sepuluh tahun kemudian, keduanya bertemu kembali dalam upacara emosional untuk menghormati jasa Briggs, yang dikenal sebagai “Guardian of the Golden Gate Bridge” atau “Malaikat Jembatan Golden Gate”.

Petugas Briggs, yang sering berpatroli di jembatan itu, telah membantu menyelamatkan lebih dari 200 orang yang ingin melakukan bunuh diri dengan cara melompat.

(Foto : Yahoo News Video Screenshot)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, setiap tahunnya, ada sekitar 1 juta orang dewasa yang mencoba bunuh diri.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 800.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun di seluruh dunia.

Apa yang paling penting bagi mereka yang memiliki pemikiran bunuh diri untuk mengetahui bahwa mereka tidak hidup sendiri, dan bahwa ada orang lain yang akan mendukungnya.

Penting sekali untuk membujuk orang yang putus asa untuk menghentikan niat buruknya itu

Selama reuni mereka, Petugas Briggs dan Kevin bertukar nomor handphone, dan itu tampaknya akan menjadi sebuah permulaan dari persahabatan yang tulus diantara mereka.(intan/yant)

(Foto : Yahoo News Video Screenshot)
(Foto : Yahoo News Video Screenshot)
(Foto : Yahoo News Video Screenshot)
(Foto : Facebook | StoryCorps)
(Foto : Yahoo News Video Screenshot)

Share

Video Popular