Erabau.net. Sebuah keluarga miskin yang tinggal di pinggiran Kota Nairobi, Kenya, memelihara seekor anjing gembala. Karena pemiliknya sangat miskin, untuk makan sendirinya saja tidak cukup, sehingga anjing gembala itu pun mencari makan sendiri setiap hari, dan bahkan anjing itu pun tidak punya nama.

Tapi yang luarbiasa adalah, suatu hari anjing gembalanya itu menggondol sebuah kantong plastik berisi sesosok bayi manusia ketika sedang mencari makanan di tempat sampah.

Menurut laporan, anjing lapar yang menyelamatkan bayi itu adalah seekor anjing gembala betina.

Ilustrasi.

Ketika itu ia yang baru melahirkan anak, dan sedang mencari makanan di sebuah tempat pembuangan sampah di Nairobi, dan melihat bungkusan plastik yang berisi sesosok bayi.

Anjing gembala ini sudah beberapa hari tidak makan. Tapi meski lapar, ia bukan saja tidak memakan bayi itu, sebaliknya justru menggondolnya, dan mempertaruhkan nyawanya menyeberangi sebuah jalan raya yang sibuk dan pagar kawat, membawa sang bayi ke kandangnya.

Ilustrasi.

Merry, pemilik anjing gembala itu menuturkan : “Suatu malam, kedua anak saya tiba-tiba masuk dan berkata kepada saya, bahwa mereka mendengar tangisan bayi di kandang anjing di halaman belakang.”

Ilustrasi.

“Mendengar itu, saya pun segera melihat apa yang terjadi.”

“Dan saya benar-benar kaget dan takjub melihat sesosok bayi perempuan yang dipenuhi dengan kotoran itu terbaring di kandang anjing.”

“Tubuhnya diselimuti dengan sepotong pakaian bekas warna hitam yang robek, sementara anjing saya berbaring di sampingnya, sambil memberinya minum susu, dan menjilat wajah bayi itu dengan penuh kasih sayang.”

Merry pun dengan cepat mengambil bayi itu, dan membersihkannya dengan air hangat, lalu membawanya ke kantor polisi terdekat.

Setelah itu, petugas polisi segera membawa bayi malang itu ke Rumah Sakit Nasional Kenya.

Menurut juru bicara rumah sakit, “Napas bayi perempuan dengan bobot sekitar 3.3 kilogram itu sudah tersengal-sengal ketika dibawa ke rumah sakit, dan mengalami dehidrasi serius.”

Hasil pemeriksasan dokter menemukan sang bayi sudah dibuang sekitar dua hari, dan dipastikan bayi itu sudah tewas jika tidak ditemukan oleh anjing gembala milik keluarga Merry.

Kemudian, dokter terpaksa menggunakan alkohol untuk membersihkan secara tuntas tali pusarnya, agar tidak terkena infeksi lebih lanjut.

Untungnya, nyawa si bayi sudah lolos dari maut. Dan kondisi bayi itu juga berangsur-angsur sehat setelah 2 bulan dirawat secara intensif dan perlahan-lahan berat badannya juga meningkat secara normal.

Setelah kejadian itu dilaporkan media setempat, anjing yang telah menyelamatkan nyawa si bayi itu pun dalam waktu semalam telah menjadi “pahlawan besar”yang terkenal di kalangan penduduk Kenya.

Namun, “keharuman namanya” atas tindakannya yang terpuiji itu tidak berlangsung lama.

Hanya dalam waktu beberapa hari, wartawan setempat yang meliput di sana melihat anjing itu kembali seperti sebelumnya, yakni sibuk mencari makanan untuk anak-anaknya di antara tumpukan sampah di daerah kumuh di Nairobi.

Sayang sekali, seekor anjing yang berjasa dan jelas-jelas telah menyelamatkan sesosok bayi manusia itu ditelantarkan begitu saja.(jhn/yant)

Sumber: happytify

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular