Acara “Perlombaan Bintang Bakat & Seni TKA dan Lomba Pemilihan TKA Teladan Taoyuan tahun 2017 diadakan di Taoyuan Women’s Hall, Taiwan, pada Minggu, 10 September 2017.

Walikota Taoyuan, Zheng Wen Chan mengatakan bahwa Taoyuan adalah kota yang pekerja asingnya paling banyak dan telah mencapai 107.000 orang.  Menurut dia, huruf awal bahasa Inggris VIPT adalah singkatan dari 4 negara Vietnam, Indonesia, Filipina dan Thailand yang kepanjangannya menjadi VIP FOR TAIWAN.

Sejak menjabat di pemerintahan baru ini telah mempromosikan kebijakan baru yang bersahabat  seperti masa 3 tahun kerja yang tak perlu keluar negeri, perpanjangan masa kerja sampai 12 tahun.

Pemerintah demi menciptakan lingkungan yang bersahabat, mengusahakan pengaturan anggaran, menyelenggarakan lomba nyanyi, pertandingan sepak bola dan bola basket yang dapat diikuti oleh Tenaga Kerja Asing (TKA).  Selain itu program dalam bus dan peta panduan ditambah dengan 4 versi bahasa.

Pemerintah kota pada tahun ini di Taoyuan Women’s Hall mendirikan Pusat Pelayanan Imigran yang baru.  Pada April tahun depan akan dipindahkan ke cabang Kepolisian Taoyuan yang lama untuk meneruskan pelayanan imigran baru dan TKA.

Tahun lalu pemerintah Taoyuan juga mengadakan pameran kebudayaan Thailand dan Indonesia, pameran kebudayaan Dragon boat Festival Vietnam di stasiun tua kereta api Taoyuan.

Tahun ini selain menyelenggarakan Perlombaan Bintang Bakat & Seni TKA dan Lomba Pemilihan TKA Teladan Taoyuan juga menggelar pameran budaya upacara pernikahan dari 4 negara agar masyarakat lebih memahaminya lagi.

Selain itu perindustrian di Taoyuan  juga sangat bergantung pada pekerja asing. Diharapkan para majikan bisa menganggap mereka sebagai aset berharga bagi mereka dan pekerja asing dapat menunjukan kepercayaan diri dalam bekerja.

Pada September dan Oktober akan diselenggarakan 2 seminar Proposal Program kegiatan Rekreasi buruh migran dari negara Filipina-Vietnam dan Indonesia-Thailand.

Acara ini mengundang TKA yang berada di wilayah Taoyuan serta masyarakat untukmenghadiri seminar ini agar bersama-sama mewujudkan gagasan proposal rekreasi ini.

Selain itu dari Oktober sampai dengan November akan diadakan konser dari Indonesia, mengelar serangkaian kegiatan “Liga Sepakbola TKA Taoyuan” (pembukaan dan pertandingan persahabatan) dengan mengundang masyarakat setempat dan seluruh TKA untuk berpartisipasi.

Bintang Bakat Taoyuan terbagi atas dua rangkaian kegiatan yang berbeda, pertama adalah perlombaan bakat & seni dengan mengundang TKA yang suka menyanyi dan menari dari 4 negara dengan menampilkan ketrampilan dalam perlombaan.  Kedua adalah pemilihan TKA teladan, direkomendasikan oleh majikan dan organisasi masyarakat sebanyak 100 TKA dan dipilih 40 TKA untuk menerima penghargaan.

TKI Karmila pada Pemilihan TKA Teladan 2017,  terpilih sebagai TKA Teladan Terbaik I pada sektor non formal.  Karmila mengatakan : “Saya bekerja sudah 3 tahun, pekerjaan utama saya adalah mengurus nenek yang berusia 97 tahun.  Saya berterimakasih kepada majikan atas perhatiannya, dan setiap tahun bisa merayakan ulang tahunnya, begitu tulus membuat saya terharu dan  berterimakasih membantu saya mendaftarkan diri.”

Selain itu perlombaan bakat dan seni dengan menampilkan penari Thailand dengan pakaian tradisionalnya dan penari Filipina dengan gerakan enerjik dan tarian profesional yang memukau penonton.

Sedangkan untuk kelompok nyanyi menyanyikan lagu mandarin yang berarti, “bagaikan pemandangan para bintang.”

Untuk kelompok Tari juara I Diversity Dance Crew (Filipina), juara II The E-boys(Filipina) juara III penari tunggal dari Vietnam Pei Wen  Gui (Vietnam). Sementara untuk kelompok nyanyi juara pertama adalah Susanto (Indonesia), juara II Muhammad (Indonesia), juara III Juan Wen Seng (Vietnam).

Perlombaan ini dihadiri sebanyak 400 penonton yang  menyaksikan pertunjukan ini.  Suasana berlangsung dengan semarak, secara efektif mempromosikan pertukaran budaya internasional. (Advertorial)

Share

Video Popular