(Video) ‘Ghostlobster’ Tembus Pandang Berhasil Ditangkap oleh Nelayan Ini, Namun Ia Segera Mengirimkannya Kembali ke Laut Setelah Memotret Lobster Itu

406

Erabaru.net. Lobster biasanya memiliki warna merah kecoklatan. Tapi belakangan ini, foto lobster dengan warna berbeda telah muncul.

Seorang nelayan lobster, menemukan lobster yang memiliki warna tembus pandang di jaringnya. Tidak seperti yang lain, ia menyebutnya sebagai hewan yang langka dan  paling aneh yang pernah ia tangkap.

Alex Todd, seorang nelayan lobster berusia 48 tahun, menangkap lobster atau udang raksasa langka di lepas pantai Pulau Chebeague, Maine, Amerika Serikat pada 24 Agustus 2017.

“Ia memasang jebakan jaring seperti biasanya. Tapi begitu saya ingin mengangkat jebakan yang telah berhasil menjebak lobster, saya melihat seekor lobster yang aneh dan langka,” kata Todd kepada The Dodo. Lobster itu hampir memiliki warna kulit yang tembus pandang.

Meskipun telah menangkap semua jenis lobster, bahkan yang “setengah merah, setengah biru”, ini mungkin adalah jenis krustasea paling tidak biasa yang pernah dia tangkap.

Lobster saat difoto oleh sang nelayan 24 Agustus 2017 (AP Photo/Alex Todd)

Bagaimana lobster mendapatkan warna putihnya yang pearlescent atau tembus pandang? Menurut sebuah postingan Facebook yang dibuat oleh Asosiasi Nelayan Coast Maine:

“lobster normal mendapatkan warnanya dengan mencampur pigmen protein kuning, biru, dan merah. Melalui mutasi genetik yang berbeda, Anda bisa mendapatkan lobster berwarna biru, kuning, atau merah. Anda juga bisa mendapatkan lobster yang memiliki warna campuran yang aneh.”

Kredit: AP | Alex Todd

“Lobster ini mungkin memiliki kondisi genetik yang disebut Leucism, di mana lobster kehilangan pigmen total (yang membuatnya albino) namun merupakan kehilangan parsial. Inilah sebabnya mengapa Anda masih bisa melihat beberapa sedikit warna biru pada kulit dan pada mata lobster itu,” tambah postingan tersebut.

Kredit: Facebook | Alex Todd

Todd mengambil beberapa foto lobster langka itu. Setelahnya, ia memutuskan untuk mengirimkannya kembali ke tempatnya.

“Saya lihat ia adalah jenis lobster betina, itu artinya dia harus bertelur dan dikembalikan ke habitatnya untuk berkembang biak. Karena itulah saya harus membuangnya kembali ke laut,” katanya.

Kredit: Facebook | Alex Todd

“Karena lobster itu tidak seperti biasanya, saya tidak akan menjual atau memasak dengan cara apa pun,” tambahnya.

 

The translucent lobster hauled off the Maine coast

Fisherman Alex Todd caught a ghostly, translucent lobster off the Maine coast. He said it was “by far the weirdest one I’ve caught” in his 40-year fishing career. Todd had to release the lobster as it had a notched tail, indicating it was a female potentially carrying eggs • https://gu.com/p/766mv/us

Posted by Guardian US on Tuesday, September 5, 2017

(intan/asr)

Sumber : ntd.tv

Erabaru.net