Erabaru.net. Selena Gomez, yang menderita lupus, mengungkapkan di Instagramnya bahwa temannya bernama Francia Raisa, aktris The Secret Life of the American Teenager, menyumbangkan sebuah ginjal untuknya

Selena Gomez baru-baru ini menerima transplantasi ginjal dari aktris televisi Francia Raisa karena perjuangannya melawan lupus, aktris dan penyanyi tersebut mengungkapkan pada hari Kamis.

Gomez mengungkapkan dalam Instagram yang dikonfirmasi oleh humasnya bahwa dia telah keluar dari sorotan musim panas ini karena dia mulai pulih dari prosedur tersebut.

Gomez yang berusia 25 tahun menyebut transplantasi sebagai “apa yang harus saya lakukan untuk kesehatan saya secara keseluruhan”.

Dalam Instagram tersebut tidak mengungkapkan kondisi Gomez saat ini atau mengatakan di mana atau kapan transplantasi itu berlangsung.

Humas Gomez menolak untuk merilis lebih banyak informasi. Gomez menulis “Tiada kata-kata yang tepat untuk melukiskan” bagaimana dia berterima kasih kepada Raisa, yang dia katakan memberi “hadiah dan pengorbanan tertinggi dengan menyumbangkan ginjalnya.”

“Saya merasa sangat diberkati,” tambahnya.

Anna Wintour dan Selena Gomez menghadiri sebuah pertunjukan New York Fashion Week pada tanggal 12 September 2017. (Foto : Roy Rochlin/Getty Images )

Dalam Instagram mencakup gambar Gomez dan Raisa yang saling berpegangan tangan sambil berbaring berdampingan di ranjang rumah sakit dan foto lain yang menunjukkan bekas luka di perut Gomez.

Raisa yang berusia 29 tahun terkenal karena perannya dalam serial ABC Family berjudul The Secret Life of the American Teenager. Humas Raisa tidak segera membalas permintaan komentar hari Kamis tersebut.

Gomez mengungkapkan diagnosis lupusnya pada tahun 2015 dan mengambil keputusan untuk istirahat dari kariernya tahun lalu karena menghadapi kecemasan, kepanikan dan depresi terkait dengan penyakit ini.

Lupus adalah penyakit autoimun, di mana tubuh secara keliru menyerang jaringannya sendiri, kadang termasuk ginjal. Satu ginjal sehat adalah sangat dibutuhkan oleh seluruh tubuh, jadi satu transplantasi ginjal dapat menyelesaikan masalah, demikian kata Dr. David Klassen, kepala petugas medis untuk United Network for Organ Sharing, yang menjalankan sistem transplantasi di Amerika.

“Lupus cenderung menjadi penyakit pada wanita yang lebih muda, dan orang muda cenderung jauh lebih berhasil dalam menjalani transplantasi dibandingkan dengan pasien yang lebih tua, jadi harapannya adalah Gomez akan melakukannya dengan cukup baik,” katanya tentang Gomez.

Lupus juga cenderung tidak kambuh kembali setelah operasi – “obat yang mencegah penolakan ginjal juga sangat baik untuk mengobati lupus, penyakit yang mendasarinya,” kata Dr. David Klassen.

Penyebab lupus tidak diketahui. Gejalanya dapat berupa air kemih yang berdarah atau berbusa, kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, tekanan darah tinggi atau pembengkakan di kaki, pergelangan kaki atau sekitar mata.

Hanya sekitar 3% dari transplantasi ginjal adalah sebagian besar untuk mengobati lupus yang disebabkan oleh diabetes atau kerusakan kronis akibat tekanan darah tinggi.

Ada sekitar 19.000 transplantasi ginjal di Amerika Serikat tahun lalu.

Gomez, yang hitnya termasuk Good for You, Same Old Love dan Come & Get It, telah menjadi sorotan sejak masih kecil.

Dia muncul di Barney and Friends sebelum menerobos masuk sebagai bintang remaja di Wizards of Waverly Place dari Disney Channel.

Dia memiliki banyak pengikut di media sosial. 126 Juta pengikutnya di Instagram.(vivi/yant)

Sumber: theguardian.com

Share

Video Popular