Erabaru.net. Bagi kaum wanita yang terobsesi memiliki perut rata dalam sepanjang hidupnya, sudah saatnya untuk bersantai dan mencintai tubuh Anda yang sehat dan kuat.

Memiliki perut yang amat ramping mungkin tampak indah dipandang saat mengenakan pakaian renang, namun sebenarnya bukanlah hal yang menyehatkan bagi tubuh Anda.

Sedikit lengkungan kecil di bawah pusar merupakan hal yang alami sepenuhnya, dan juga bagus.

Mari kita mencoba membuat kalkulasi.

Kandungan lemak tubuh yang penting pada wanita berkisar antara 10 dan 12 persen. Ini ukuran minimum yang kita butuhkan untuk menjalani hidup sehat.

Bandingkan dengan besarnya kisaran pada kaum pria, sebesar 2 – 4 persen, dari sini kita mulai menyadari pentingnya lemak tubuh bagi kaum wanita.

Ketika tingkat lemak kita turun hingga mendekati 13 persen, yang mungkin disebabkan Anda mendorongnya hingga mencapai perut rata, masalah serius pada keseimbangan hormon mulai meningkat.

Mengapa demikian? Percaya atau tidak, sedikit lemak di perut Anda sebenarnya mendukung kesehatan atas produksi estrogen.

Wanita dengan kelebihan lemak biasanya memiliki tingkat estrogen yang tinggi, kaum wanita dengan persentase lemak tubuh yang rendah, lebih berisiko tingkat estrogennya rendah.

Hal ini dikarenakan lemak tubuh sebenarya menyimpan dan melepaskan sejumlah kecil estrogen.

Apabila Anda belum mengenal estrogen, ia merupakan sejenis hormon yang cukup penting.

Dalam alur siklus menstruasi, estrogen bertanggung jawab menjaga keseimbangan tingkat kolesterol, merawat/mengembangkan buah dada yang sehat, mengatur suasana hati, kesehatan tulang dan banyak lainnya.

Sebagai wanita, ketika tingkat estrogen terganggu, banyak hal yang akan keluar dari jalurnya.

Pada umumnya, memiliki sangat sedikit lemak tubuh pada kaum wanita dapat mengarah pada peningkatan kerapuhan tulang, menurunnya fungsi kekebalan tubuh dan kekacauan yang nyata dalam sistem reproduksi.

Bukannya membiarkan diri Anda bertumbuh dan menjadi sehat, lemak yang terlalu sedikit akan membuat tubuh beralih ke kondisi “bertahan hidup”.

Jika Anda bukan seorang atlit profesional atau binaragawan dengan sistem pendukung yang kuat untuk memastikan tubuh Anda tetap sehat, terobsesi dengan perut “six-pack” mungkin bukan minat utama tubuh Anda.

Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan sedikit lemak ekstra pada perut bawah Anda, maka sudah waktunya untuk menerima dan mencintainya, daripada mencoba untuk meratakannya. Itu tandanya Anda sehat.

Tentu saja, ini tidak berarti Anda harus makan sebungkus besar cemilan. Terlalu banyak lemak, juga bukan berarti lebih sehat.

Lakukan saja keseimbangan dan tidak berlebihan, dan jangan mencoba memaksa tubuh Anda menjadi yang tidak semestinya.

Berhentilah mendengar promosi dari tenaga pemasaran dan sosial media yang mengatakan bagaimana seharusnya penampilan Anda.

Perut yang rata mungkin bukanlah hal yang terbaik untuk Anda kejar, dan pastinya tidak dapat menyelesaikan seluruh masalah atau membuat Anda bahagia.

Kaum wanita perlu untuk memulai belajar mencintai dan menerima kondisi tubuh yang dimiliki, mulailah dengan sedikit perut buncit kita. (ajg/yant)

Sumber: care2

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds