Erabaru.net. Seperti yang kita semua tahu, buah dan sayuran kaya nutrisi penting, yang pada gilirannya membantu meningkatkan kesehatan kita. Tetapi tahukah Anda bahwa limbah atau sisa-sisa sayuran dan buah tertentu juga bergizi?

Lebih sering sisa-sisa makanan berakhir di tempat sampah, namun kenyataannya mereka sama-sama menyehatkan dan bermanfaat bagi kita. Sebenarnya, sisa-sisa dari buah dan sayuran mengandung fitokimia bergizi, seperti karotenoid, yang membantu mengurangi risiko penyakit, seperti masalah mata tertentu.

Dengan membuang sisa makanan, Anda benar-benar membuang banyak manfaat kesehatan, karena kulit dan daun dari sayuran dan buah tertentu kaya akan antioksidan dan memiliki khasiat anti-inflamasi, yang pada gilirannya dapat membantu dalam melawan penyakit tertentu.

Biji semangka

Biji semangka kaya akan protein, vitamin B, kalium dan seng yang meningkatkan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh serta mengendalikan kadar gula darah. Biji semangka yang dikonsumsi secara langsung atau diekstrak minyaknya adalah sangat baik untuk kulit dan rambut.

Kulit semangka

Kulit semangka kaya akan asam amino yang berguna untuk melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan peredaran darah. Anda dapat menghaluskan semangka beserta kulitnya dengan menggunakan blender untuk membuat smoothie yang menyegarkan.

Daun stroberi

Daun stroberi membasmi radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Dan meminuman seduhan daun stroberi membantu menyembuhkan nyeri lambung.

Bonggol jagung

Bonggol jagung rendah kalori, sehingga baik untuk penderita diabetes dan bermanfaat untuk mencegah penyakit mata dan penyakit pembuluh darah jantung. Juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah kanker.

Kulit lemon

Kulit lemon mengandung enzim, serat dan vitamin A yang bermanfaat membasmi kanker, meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan kadar kolesterol. Campurkan kulit lemon dengan buah keluarga berry atau jeruk lainnya dan yogurt yang ditambah dengan madu.

Biji labu kuning

Biji labu kuning kaya mengandung besi, omega-3, seng, magnesium, serat, kalsium, vitamin B, dan lain-lain. Bersifat anti inflamasi, menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan artritis.

Biji labu yang dipanggang dimakan sebagai cemilan, dapat juga dimakan mentah atau ditaruh pada salad dan roti.

Kulit jeruk

Kulit jeruk sangat banyak mengandung serat, vitamin dan flavonoid, yang meningkatkan sistem imun, mencegah robeknya pembuluh darah dan mencegah peradangan yang parah di seluruh tubuh. Anda dapat menghaluskan kulit jeruk dengan menggunakan blender menjadi smoothies yang lezat.

Kulit timun

Kulit timun sumber serat yang baik yang membantu mencegah sembelit dan melindungi tubuh terhadap kanker usus besar.

Daun bit

Daun bit kaya akan zat gizi yang mengandung antioksidan, anti-peradangan dan mengeluarkan racun dari tubuh. Anda dapat mencampurkannya ke dalam sup.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share

Video Popular