Oleh: Hong Mei

Erabaru.net. Drama Korea “Myeong bul heo jeon, (harafiah: Deserving of the Name/Layak Menyandang Nama (judul dalam bahasa Inggris: Live up to your name, Dr.Heo)” sedang trendy di negeri Ginseng (Korea Selatan).

Drama ilmu kedokteran tersebut mengisahkan seorang tabib Korea dari zaman kuno datang ke zaman modern sekarang ini setelah menembus ruang waktu dan dengan teknik ilmu Akupunkturnya yang canggih melakukan penyembuhan.

Tertarik oleh PTT Pemirsa Korsel Mengejar “Myeong bul heo jeon”

Menurut laporan kantor berita Korsel Yonhap, drama serial TV “Myeong bul heo jeon” tidak hanya memiliki pemain pria dan wanita yang tampan dan cantik, juga alur cerita PTT (Pengobatan Tradisional Tiongkok) berhasil menarik perhatian masyarakat.

Tabib/dr. Heo Im dari era kerajaan Korea (Joseon) abad 17 adalah seorang ahli Akupunktur yang terbaik pada zamannya.

Akan tetapi karena mengalami frustrasi sehingga putus asa terhadap kehidupan duniawi, dan secara kebetulan ia tiba di Seoul pada 400 tahun kemudian, bertemu dengan seorang ahli bedah wanita zaman sekarang bernama Choi Yeon-kyung.

Lalu mereka bersama-sama melakukan tukar pengalaman antara pengobatan tradisional dan modern.

Menerobos ke Seoul pada 2017 ini, ia dihadapkan pada sebuah dunia yang serba baru baginya.

Poster drama serial TV Korea ”Layak Menyandang Nama / Myeong bul heo jeon”. (newsis)

Semua hal itu tidak pernah sekalipun dilihat sebelumnya, termasuk lift, AC dan sebagainya dan membuatnya mengalami kejutan budaya yang luar biasa.

Jangan melihat air muka nakal Kim Nam-gil yang memerankan tabib jadul Heo Im, ketika ia melakukan pengobatan secara serius, gayanya sungguh sangat mumpuni.

Penyakit yang lebih berat sekalipun, semua dapat ia atasi, demi dapat tetap tinggal di zaman modern ini.

Di dalam drama ia tampil dengan citra yang sama sekali baru.

Tabib Heo Im mahir atas PTT, tidak hanya teknik meraba nadi dan mendeteksi suara, berbicara teori ilmu PTT pun dengan lantang dan jelas.

Ia selalu membawa seperangkat instrumen akupunktur dari abad ke 17 itu, setiap saat siap melakukan pertolongan kepada pasien.

Sejak kehadiaran tabib Heo Im ke dunia modern, melalui terapi akupunktur, ia telah berhasil menyelamatkan seorang gadis belia dalam keadaan koma, dari alur cerita tersebut semakin mendorong rasa ingin tahu para pemirsa Korsel terhadap PTT.

Berhubung pemeranan tokoh dan perkembangan alur cerita telah menggunakan sejumlah besar unsur PTT, maka tidak sedikit warganet Korea Selatan menyatakan bahwa dahulu mereka tidak tahu betul tentang PTT, namun kini dengan adegan yang ditayangkan dalam drama itu, mereka menjadi sangat tertarik oleh metode akupunktur yang ajaib.

Reaksi Warga Daratan Tiongkok Atas Dikembangkannya PTT Dalam Drama “Myeong bul heo jeon”

Sebagian warga daratan Tiongkok bereaksi tidak senang atas drama “Myeong bul heo jeon” yang alur cerita utamanya adalah PTT.

Poster drama serial TV Korea ”Layak Menyandang Nama / Myeong bul heo jeon”. (newsis)

Mereka mengatakan, ”Korsel lagi-lagi merebut PPT”, “Ilmu pengobatan Korea hanya mempelajari kulitnya PTT saja!”, “Saya tidak lagi menyukai Korea Selatan” dan lain sebagainya.

Namun ada sebagian warga malah berterimakasih kepada Korsel.

“Terima kasih kepada orang Korea Selatan, mereka senantiasa menyemangati kita, sejumlah kebudayaan tradisional dalam sejarah kita jangan dibuang, begitu Anda membuangnya, maka orang Korea langsung menyatakan bahwa itu adalah miliknya (kasus yang mirip dengan Malaysia meng-klaim banyak seni/budaya/kuliner Indonesia, Red.). Beri jempol pada orang Korea Selatan, hal itu bersamaan juga mengingatkan kita jangan sampai melupakan sejarah dan kebudayaan sendiri”.

Juga ada warganet yang berkomentar, “Jika Tiongkok menaruh perhatian atas perkembangan PTT, maka tidak akan eksis masalah Korea lagi. Mengharapkan lebih banyak orang menaruh perhatian terhadap PTT. Kita tidak mementingkan PTT, orang lain mengambilnya sebagai pusaka.”

Menghadapi drama serial TV “Myeong bul heo jeon” yang sedang digemari di Korea Selatan, banyak situs web daratan Tiongkok melaporkannya dengan berbagai judul antara lain: ”Kita selangkah terlambat lagi? Korea Selatan membuat drama film menyebarkan PTT”, “Apakah PTT telah menjadi milik Korea? Korea sedang membuat film drama TV menyebarkan ‘Ilmu Pengobatan Korea’”, menandaskan Pengobatan Tradisional Korea berasal dari PTT.

Menurut catatan Wikipedia, Ilmu Pengobatan Korea disebut pula Ilmu Pengobatan Tradisional Korea atau Pengobatan Timur, merupakan sejenis ilmu pengobatan tradisional dari semenanjung Korea, terutama dikembangkan atas dasar Pengobatan Tradisional Tiongkok.

Teori Pengobatan Korea berdasarkan pandangan holistik (menyeluruh) atas “langit, manusia, jiwa dan raga” serta “4 fenomena dan 4 dimensi” sebagai strukturnya, dalam praktik klinis menggunakan cara membedakan fenomena untuk dilakukan terapi.

Pengobatan Korea dan PTT mempunyai banyak kesamaan, namun pengobatan Korea telah mengembangkan metode terapi yang memiliki ciri khas tersendiri dan memadukan pengetahuan ilmu pengobatan lainnya selain PTT. (tys/whs/rp)

Share

Video Popular