Erabaru.net. Sebagai manusia, secara naluriah kita melindungi anak muda kita, karena bayi sangat lembut dan tidak berdaya.

Mungkin itulah yang membuat ritual Spanyol yang terlihat cukup mengejutkan ini, karena orang dewasa justru melakukan pelarian dan melompati bayi seperti tradisi penebusan dan keberuntungan berikut ini.

Setiap tahun, di kota Castrillo de Murcia, wilayah utara Spanyol, sebuah ritual khusus diadakan di jalanan selama perayaan Katolik Roma di Corpus Christi.

Ritual yang bernama “El Salto del Colacho” atau “Devil’s Jump” melibatkan pria yang berpakaian merah dan kuning.

Mereka berlari di jalan dan melompati bayi berusia kurang dari 1 tahun, yang ditempatkan di atas kasur di sepanjang jalan.

Para pria ini memegang cambuk dan kastanyet besar saat mereka melompati kumpulan bayi yang tak berdaya. Ritual tersebut tampaknya berakar pada tradisi pagan, meski asal usulnya hingga kini masih belum diketahui.

Dipercaya bahwa ritual ini mampu membersihkan bayi-bayi dari dosa dan menjamin perjalanan mereka dengan aman saat hidup di dunia, sekaligus menjaga terhadap penyakit dan tindakan kejahatan.

Pada 2013, Paus Benediktus meminta para pendeta Spanyol untuk menjauhkan diri dari ritual penyembahan berhala El Colacho dan memutuskan hubungan antara tradisi kuno dengan Katolik, karena Gereja mengajarkan bahwa pembaptisan untuk membersihkan dosa hanya bisa dilakukan dengan air.

Lihat video festival lompat bayi yang mencengangkan :

Kredit foto: YouTube Screenshot | Lonely Planet .

(intan/asr)

Sumber : ntd.tv

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds