Erabaru.net. Sebagian besar dari kita telah sering melihat wajah kemiskinan, baik itu dialami oleh kehidupan kita sendiri ataupun saat melihat kehidupan orang lain.

Kondisi kemiskinan membuat kita tidak memiliki banyak pilihan untuk mereka, yang bahkan tidak mampu membeli makanan sehari-hari.

Banyak dari mereka yang terpaksa mengemis, namun demikian, beberapa orang juga masih menjaga harga diri mereka!

Lakshmi juga adalah salah satu dari segelintir orang yang memilih untuk mencari uang di tengah kesulitannya mencari pekerjaan tanpa harus menurunkan harga dirinya!

(Foto : Logical India)

Sebuah blog media sosial, Humans of Mangalore, baru-baru ini berbagi kisah tentang seorang wanita inspiratif ini.

Lakshmi, ibu dari seorang “malaikat” berusia 4 tahun, tahu tentang pentingnya nilai pendidikan dan bagaimana hal itu telah mengubah kehidupannya.

Tapi karena latar belakang keluarganya yang kurang mampu, ia tidak mampu mengenyam pendidikan formal. Dan dia pun berkeinginan agar putrinya bisa menjalani mimpi itu!

(Foto : The Better India)

Kondisi keuangannya tidak membaik seiring berjalannya waktu. Ia kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan dan mencari nafkah, tapi Lakshmi tidak tinggal diam .

Alih-alih menyerah dan mengemis di jalanan, dia memilih menjual buku berkeliling. “Saya memilih menjalani kehidupan yang bermartabat daripada mengemis di jalanan,” katanya.

(Foto : The News Minute )

Putrinya saat ini masih belum bersekolah. Lakshmi berharap agar buku yang dia jual setiap harinya bisa mencerahkan masa depan putrinya.

Meski buta huruf, ia memilih menjual buku karena ia yakin ia bisa menyebarkan pengetahuan dan kebijaksanaan kepada orang lain melalui buku.

Ia memiliki pesan untuk orang lain, tentang sesuatu yang harus kita dengarkan.

Dia mendesak semua orang untuk mendorong anak-anak mereka, untuk setidaknya mengenyam pendidikan dasar untuk mendapatkan makanan.

“Pendidikan adalah salah satu pintu gerbang untuk menghindari manusia terjebak dalam tekanan hidup dan kemiskinan,” ujarnya.(intan/yant)

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular