Erabaru.net. Berat badan bisa sangat menakutkan bagi seorang ibu baru, terutama karena mereka khawatir tidak bisa kembali mendapatkan bentuk tubuh yang langsing dan ideal.

Begitu pula yang dirasakan seorang wanita asal Oregon, Amerika Serikat ini yang akan menjadi calon ibu, sampai dia melihat sebuah catatan merah muda dengan skala berat yang dia perhatikan sebelumnya, tapi sekarang bisa dilihat dalam cahaya yang berbeda.

Mariah Herrera (24) baru saja melahirkan anaknya, Yesaya, lima bulan yang lalu.

Pada bulan Agustus, ketika dia dijadwalkan untuk melahirkan untuk pertama kalinya, dia sangat khawatir tentang berat badannya yang terus naik, sehingga dia pun merasa frustasi dan hampir selalu menangis.

“Saya selalu menangis sebelum menimbang berat badan saya, karena saya tahu bahwa kehamilan pasti membuat tubuh saya bertambah berat. Saya telah berusaha menghindari bertambahnya berat badan saya,” kata Herrera kepada ABC News.

Ketika dia menimbang berat badannya di klinik medis, sebuah catatan merah muda cerah yang tertempel di sana menarik perhatiannya sehingga mengubah pola pikirnya.

Ditulis oleh seorang perawat, catatan tersebut berbunyi, “Skala pada alat timbangan ini hanya akan memberi tahu Anda nilai numerik berat badan Anda. Alat ini tidak akan memberi tahu Anda betapa cantiknya Anda, seberapa besar teman dan keluarga Anda mencintai Anda, atau betapa menakjubkannya Anda!!”.

Herrera kemudian ingat bahwa dia telah melihat catatan itu sebelumnya selama masa pra-kehamilannya. Tapi baru setelah menjadi ibu pertama kali dia menemukan makna baru dari catatan ini.

“Begitu saya melihat catatan itu, angka yang ditunjukkan dalam skala alat timbangan bahkan tidak masalah bagi saya. Saya bahkan meminta perawat untuk tidak memberi tahu saya tentang berapa nominal berat badan saya karena kini, itu sudah tidak menjadi masalah bagi saya,” kata Herrera.

Setelah melihat catatan itu, Herrera menempelkan sebuah catatan motivasi di cermin kamar mandi rumahnya karena catatan itu “sangat berdampak” positif baginya.

“Saya merasa, wanita yang memiliki berat badan besar, harus memiliki catatan seperti itu, dan ditempelkan di sekitar kamar mandi, dan bisa dijadikan sebagai sebuah pengingat harian,” jelasnya.

© Mariah Herrera© Mariah Herrera

Perawat yang menuliskan catatan itu, Whitney Winslow, telah bekerja di klinik selama hampir empat tahun. Dia menulis catatan sekitar dua tahun yang lalu.

“Saya menulisnya karena melihat begitu banyak orang masuk dan mengeluhkan berat badan mereka,” kata Winslow. Ia pun melakukan sesuatu untuk mengingatkan orang bahwa “berat badan hanyalah angka.”

Catatan itu mampu mengubah pola pikir Herrera sepenuhnya.

“Suatu hari saya berbaring dengan Yesaya dan menatapnya. Saya berpikir bagaimana perasaannya saat mengetahui bahwa saya sering mengeluhkan berat badan saya yang terus bertambah saat mengandungnya.”

“Pasti ia akan berpikir bahwa karena dirinyalah, berat badan ibunya bertambah sehingga membuat ibunya tak senang. Jadi, saya harus berhenti mengeluh naiknya berat badan saya demi kebaikannya,” katanya.

(intan/asr)

Sumber : ntd.tv

Share

Video Popular