Erabaru.net. Semua ibu hamil akan memperhatikan apa yang dimakannya. Mereka tidak makan makanan yang membahayakan bayi di dalam kandungannya. Demikian pula pada ibu yang sedang menyusui.

Saat bayi masih dalam rahim, dia bergantung pada Anda untuk mendapatkan nutrisi dan perawatan. Begitu juga saat Anda menyusui, bayi Anda benar-benar bergantung pada nutrisi Anda, terutama jika Anda menyusui secara eksklusif.

Jika Anda menyusui, tidak mengherankan bahwa apa yang Anda makan juga mencapai bayi Anda. Dipercaya bahwa persentase dari apa pun yang Anda makan masuk ke aliran darah dan sekitar satu persennya masuk ke dalam ASI.

Dan kafein (kopi) adalah zat yang berpotensi membahayakan bagi bayi Anda. Dokter menganjurkan agar Anda menghindari konsumsi kopi  atau setidaknya mengurangi saat hamil dan menyusui.

Efek kafein terhadap bayi tergantung pada kepekaan bayi terhadap kafein. Beberapa bayi tidak menunjukkan reaksi terhadap kafein, sementara pun sedikit menyebabkan banyak masalah pada bayi yang lain.

Pada dasarnya, tubuh bayi belum sempurna untuk menyingkirkan kafein. Jadi, bila ASI mengandung sejumlah kadar kafein, maka akan tersimpan di dalam tubuh bayi sehingga menyebabkan bayi menjadi susah tidur dan rewel.

Bayi juga dapat menunjukkan hiperaktivitas. Ibu hamil dan menyusui harus minum banyak air untuk mengeluarkan kafein dari tubuhnya secara efisien.(Vivi/yant)

Sumber : boldsky

Share

Video Popular