Duduk dan Nonton TV untuk Waktu yang Lama Dapat Menyebabkan Masalah Ini

351
duduk

Erabaru.net. Para ahli mengklaim bahwa duduk dalam waktu yang lama akan meningkatkan kemungkinan untuk mengalami masalah pergerakan.

Studi baru menunjukkan bahwa duduk dan nonton TV untuk waktu yang lama akan menyebabkan peningkatan risiko tiga kali lipat pengembangan kesulitan berjalan di kemudian hari.

Studi tersebut, yang diikuti sekelompok orang sehat berusia antara 50 dan 71 selama 10 tahun, menemukan bahwa duduk berkepanjangan sangat berbahaya bila dikombinasikan dengan tingkat aktivitas fisik yang rendah.

Peserta yang menonton TV 5 jam atau lebih memiliki risiko 65% lebih besar melaporkan cacat mobilitas di akhir studi, dibandingkan dengan mereka yang menonton TV dalam jumlah sedikit (kurang dari 2 jam per hari) – terlepas dari tingkat mereka beraktivitas fisik.

Namun, mereka yang memiliki tiga jam per minggu atau kurang aktivitas fisik ternyata lebih cenderung mengalami kesulitan berjalan.

“Duduk dan nonton TV untuk waktu yang lama (terutama pada malam hari) adalah salah satu aktivitas yang paling membahayakan untuk orang berusia lanjut,” kata Profesor Loretta DiPietro, pemimpin penelitian dari Universitas George Washington di Washington, DC.

“Seiring bertambahnya usia, semakin sedikit kita menggunakan otot kita, semakin buruk ukuran dan kualitasnya,” kata Dr James Brown dari Aston University .(vivi/yant)