Oleh: Mary

Erabaru.net. Seorang wanita paruh baya dihukum denda pasalnya dia mencabuti kaki kepiting dan kemudian melemparkan kembali kepiting itu ke laut!

Kejadian terjadi di Kanada seperti dilaporkan media pada Kamis (7/9/2017) lalu.

CBC News Kanada melaporkan pada Jumat (15/9/2017), Departemen Perikanan dan Kelautan Kanada telah menetapkan bahwa Chan Hsin dan Li Chun telah melanggar Undang-Undang Perikanan Federal.

Mereka tanpa lisensi melakukan penangkapan ikan ilegal pada 7 September dan mengentas kepiting yang ukurannya masih belum memenuhi standar untuk ditangkap.

ILUSTRASI. (img.washingtonpost.com)

Pihak kepolisian mengatakan, Chan Hsin berasal dari Kota Whitehead, wilayah Vancouver, British Columbia, Kanada, dan Li Chun adalah seorang temannya yang berasal dari Belgia.

Manula yang digeledah oleh polisi adalah Li Chun.

Belum lama ini, pasca seorang warga Kanada yang bernama Andrew Newman mengunggah video Li Chun saat digeledah oleh polisi ke Facebook, langsung menjadi viral di kalangan etnis Tionghoa, dan dengan segera pengaksesnya mencapai 310.000 klik serta mengundang polemik tajam.

Newman mengatakan bahwa pada 7 Septembar lalu ia memergoki wanita paruh baya itu menangkap induk kepiting di kota Whitehead.

ILUSTRASI. (nnimgt-a.akamaihd.net)

Wanita itu lalu tanpa belas kasih mencabut dan mematahkan kaki serta capit kepiting, lalu melemparkan badan kepiting yang masih hidup itu ke laut!

Newman melaporkan kasus ini ke polisi, dan setelah Polisi Kavaleri Kerajaan Kanada (RCMP) tiba di lokasi dan menggeledah saku jaket manula tersebut telah menemukan sejumlah kaki dan capit kepiting, demikian pula dari kantong wanita yang lain.

Newman menulis di Facebook, “Kepiting hasil tangkapan wanita itu ukurannya belum memenuhi standard untuk ditangkap. Setelah mencabuti kaki dan sumpit kepiting serta memasukkannya ke dalam saku, lalu melempar kembali badan kepiting tanpa anggota badan itu ke dalam laut. Pada musim panas kali ini, saya sering melihat kepiting yang tidak memiliki kaki dan capit, saya tidak mengerti mengapa bisa demikian? Perlu diketahui, kepiting yang tanpa kaki dan sumpit tidak lagi mampu mencari mangsa atau melindungi diri mereka sendiri, ini merupakan semacam perilaku kejam dan kelewat batas.”

ILUSTRASI. (chesapeakebaystory.umces.edu)

Di Kanada, menangkap kepiting sebelum pejabat setempat memastikan ukuran kepiting itu apakah sudah memenuhi standar atau belum, adalah tindakan ilegal.

Pejabat terkait perlu mengukur ukuran kepiting untuk memastikan bahwa tindakan penangkapan kepiting telah sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, mencabut/mematah kaki/sumpit kepiting membuat kepiting akan sulit mencari makan dan mustahil dapat bertahan dalam melawan musuh alami.

Apalagi jenis kepiting yang menjadi korban adalah kepiting betina maka jumlah pemijahannya (produksi telur) akan menyusut. (hui/whs/rp)

Share

Video Popular