Erabaru.net. Tak peduli apakah kita menyadarinya atau tidak, suara selalu mengelilingi kita disetiap waktu. Ada suara yang tergolong baik, yakni yang menenangkan, lembut, menyembuhkan, memberikan energi atau hanya sekedar membuat kita tersenyum.

Namun disisi lain ada yang memberikan efek sebaliknya, membuat stres pada pikiran dan tubuh, misalnya bunyi sirene, mesin penjebol beton, mesin pemotong rumput dan lain-lain.

Dengan kekuatannya untuk menimbulkan reaksi positif maupun negatif pada seluruh tubuh, maka perlu kita menyadari tipe-tipe suara yang kerap terpapar sehari-hari.

Sebagai praktisi kesehatan dan penggemar musik dunia seumur hidup, saya yakin salah satu hadiah paling sederhana dan paling penting yang dapat Anda berikan pada diri Anda adalah anugerah musik.

Mengapa? Karena mendengarkan semua suara yang “baik” itu dapat meningkatkan dan mendukung kesehatan. Ini juga salah satu cara termudah di luar sana untuk membantu diri Anda merasa hebat, oleh karena itu saya mendorong setiap orang untuk menikmati beberapa dosis obat musikal.

Berikut ini kami akan membabarkan beberapa pemikiran tentang kekuatan suara yang perlu diingat saat Anda bergoyang dan bersenandung di sepanjang hari:

Hal alamiah – Anda telah menikmati irama sebelum dilahirkan

Organ indera pertama yang berkembang di dalam rahim adalah telinga. Rasa pertama itu yang menjadi fungsional adalah pendengaran, dimulai sekitar empat setengah bulan sebelum lahir.

Dari titik awal itu, telinga bagian dalam menghabiskan waktunya untuk mengubah gelombang suara menjadi impuls listrik yang masuk ke otak dan merangsang respons emosional.

Dari suara yang menyejukkan dan menenangkan hingga yang menggerakkan dan menggairahkan, dan musik yang lebih spesifik, menghubungkan kita dengan aspek emosional terpenting kita, tanpa memerlukan keterampilan bahasa.

Kedengarannya bagus bagi saya, tapi tidak pada musik metal

Musik dan suara yang dipilih secara selektif, dapat memiliki manfaat terapeutik yang kuat, menurunkan denyut jantung, menenangkan pernapasan, mengurangi tekanan darah, mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan perasaan sejahtera.

Secara umum musik klasik, new age, instrumental, suara alam dan musik dengan denyut binaural (frekuensi yang membantu menenangkan dan menyeimbangkan aktivitas gelombang otak) cenderung memberikan efek yang paling menyejukkan.

Namun, selera musik itu bersifat pribadi sehingga Anda bebas untuk mengembangkan daftar koleksi musik sendiri karena penelitian menunjukkan bahwa hampir semua musik yang Anda cintai akan memberi manfaat.

Bagaimanapun, saya akan menyarankan untuk tidak memasukkan musik metal atau musik yang agresif ke dalam daftar, terutama jika Anda memiliki tujuan lebih besar: menyembuhkan dan menenangkan tubuh di luar jam kerja.

Musik menggerakkan Anda dari dalam

Selain membuat Anda ingin bergoyang, berdansa atau hanya mengetuk-ketukkan kaki, ada banyak cara lain untuk meresponnya, dan semuanya sah-sah saja.

Menurut ahli musik dan penulis terkenal, Don Campbell, reaksi fisiologis dan psikologis yang terjadi meliputi: melambatnya aktivitas gelombang otak; tingkat endorfin meningkat; regulasi hormon stres yang lebih baik; kontrol rasa sakit; meningkatkan imunitas; perbaikan pencernaan; mengubah persepsi waktu dan ruang, serta meningkatkan perasaan romantis dan seksual.

Apabila dipahami dengan cara ini, kita mulai menyadari kekuatan suara dan musik yang menakjubkan dan betapa mudahnya kita bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kesehatan kita.

Dapatkah Anda membantu saya, Dr. Irama?

Pada jenis suara tertentu dapat membantu mempercepat masuk ke berbagai tingkat kesadaran, sebagian dengan cara memperlambat aktivitas gelombang otak.

Musik adalah alat yang bagus untuk membantu membuat Anda merasa lebih damai, yang menentukan tahap penyembuhan yang lebih baik dan lebih cepat.

Sebenarnya, saya menggunakan musik setiap hari untuk membantu menguatkan efek akupunktur.

Setelah menusukkan jarum, saya akan meminta pasien mendengarkan musik dalam kisaran 60-denyut per menit, yang sangat ideal untuk membantu menginduksi keadaan alfa – keadaan santai yang sama yang disebabkan oleh meditasi.

Induksi-alfa favorit saya, baik dengan atau tanpa perawatan akupunktur, adalah Reiki Chants, Chakra Chants, The Lost Chord, dan De-Stress oleh pemusik Jonathan Goldman, yang telah menghabiskan sebagian besar karirenya untuk mempelajari dan bekerja dengan suara sebagai tenaga penyembuhan.

Telinga itu hebat, tapi belajarlah mendengarkan tubuh Anda

Saya juga percaya bahwa penting untuk mendengarkan suara tubuh Anda sendiri, dengan mata terpejam, untuk benar-benar mendengarkan suara yang membantu kita rileks dan sembuh.

Tanpa rangsangan visual, mendengarkan musik menjadi lebih tajam, sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan spektrum penuh dan merasakan getaran suara di tubuh Anda.

Mendengarkan dengan cara ini juga membantu Anda untuk berada pada saat ini, menjadi berkesadaran, untuk mengakses kondisi kesadaran yang lebih dalam dan memperluasnya.

Nyanyian rohani, toning, drum, mangkuk bernyanyi Tibet, gong dan mantra meditasi Tiongkok juga merupakan alternatif suara yang sangat kuat, yang dapat digunakan oleh siapapun untuk menenangkan, merangsang penyembuhan di tubuh sekaligus menyegarkan pikiran.

Mengalir dan hadir

Musik jauh lebih dari sekedar hiburan, ini adalah bentuk obat kuno dan sakral dengan efek samping yang hebat, dari kepala hingga ke ujung jari kaki, tubuh dan jiwa.

Dengan kekuatannya untuk mengangkat, memberi inspirasi, memberi energi dan menyembuhkan, musik dan suara memungkinkan kita untuk terhubung kembali dan melepaskan emosi kita yang paling penting, memungkinkan kita merasakan apa yang terkadang sulit diungkapkan.

Saya merasa terbantu untuk melepaskan dan menyambung kembali ke tingkat yang lebih dalam dari keberadaan kita, perasaan terdalam dan bahkan “jiwa” kita.

Suara menembus pikiran jiwa, pikiran rasional, dan mampu menyentuh kita pada tingkat inti. Musik adalah bahasa universal, dan mungkin itulah sebabnya saya sangat menyukai musik.

Tidak perlu memahami kata-katanya, hanya untuk merasakan ritmenya. Seperti yang Bob Marley katakan, “Hal tentang musik adalah ketika ia menghantam, namun Anda tidak merasakan sakit.” (frank lipman/ajg/yant)

Sumber: epochtimes

Share

Video Popular