Erabaru.net. Ketika Anda melihat gelandangan muda dan gelandangan dewasa di pinggir jalan, siapa yang akan anda bantu ?

Banyak orang yang mungkin tanpa pikir panjang lagi membantu gelandangan muda, karena mereka menganggap orang dewasa yang sehat sampai menjadi gelandangan itu salah sendiri, dan pantas menerimanya, sama sekali tidak layak dikasihani apalagi dibantu.

Namun, video berikut ini membuat kita tidak bisa tidak untuk merenungkannya.

September 2015 lalu, selebriti Youtube “MoeAndET” mengunggah klip video berdurasi sekitar enam menit lebih, yang baru-baru ini kembali ditayangkan lagi untuk dibahas.

Mereka melihat seorang “gelandangan veteran” di jalanan New York, ia duduk di pinggir jalan sambil mengemis pada orang-orang yang lewat, tapi tidak ada yang mau mengulurkan bantuan.

MoeAndET memutuskan untuk melakukan eksperimen sosial, mereka mencari seorang remaja berpura-pura sebagai gelandangan, duduk di samping gelandangan itu dan mengemis, mereka ingin melihat apakah ada reaksi yang sama dari para pejalan kaki.

Tak disangka tidak lama setelah duduk, banyak pejalan kaki yang silih berganti terus memberikan uang, malah ada yang berjabat tangan, berpelukan dan memberikan semangat padanya.

Sebaliknya gelandangan dewasa di sampingnya, berlawanan dengan gelandangan muda, para pejalan kaki bukan saja tidak memberikan uang, malah dicacimaki seorang polisi wanita, dan menamparnya, bahkan ada yang langsung membuang makanan kepadanya…

Gelandangan dewasa itu dikerjai habis-habisan oleh para pejalan kaki, dan ia pun membersihkan dulu badannya yang kotor, sementara gelandangan muda di sebelahnya membantu menjaga barangnya.

Dan tak disangka, ketika gelandangan itu kembali, terjadi pemandangan mengharukan yang luar biasa…

Gelandangan dewasa itu bukan saja tidak menyalahkan gelandangan muda yang membuatnya tidak mendapatkan uang, sebaliknya ia khawatir si gelandangan muda kelaparan, setelah merapikan dirinya tadi, ia pun sekalian membeli sepotong pizza untuk anak muda itu.

Pada saat itu, MoeAndET yang menyaksikan di samping segera menghampiri dan menjelaskan tentang eksperimen sosial mereka.

Gelandangan itu menceritakan gejolak persaaannya setelah mendengarkan penjelasan MoeAndET, dan mengatakan bahwa hal semacam itu hampir setiap hari ditemui, bahkan ia tak bisa menahan tangis sedihnya.

MoeAndET tersentuh dengan tindakan gelandangan dewasa itu, dan mengatakan akan memberikan semua uang yang didapat gelandangan muda itu untuknya.

Si gelandangan dewasa tampak kaget sekaligus bahagia mendengarnya, dan terus mengucapkan terima kasih pada mereka.

Mereka juga secara ekstra memberinya dua ratus dolar AS (sekitar 2.6 juta rupiah), supaya ia bisa membeli makanan atau mencari tempat tinggal.

Gelandangan itu benar-benar merasa tak percaya dengan hal yang dialaminya, ia menghela napas beberapa kali, dan ia merangkul MoeAndET sebagai ungkapan rasa syukurnya.

Di penghujung video terselip sebait kata : “Orang-orang akan melupakan apa yang Anda katakan, atau apa yang Anda perbuat, tapi tidak akan melupakan kesan hangat yang Anda berikan kepada mereka”.

Mereka berharap melalui video pendek ini, mengingatkan masyarakat dunia agar tidak melupakan komunitas yang sangat membutuhkan bantuan kita ini.

Setiap orang pasti akan mengalami pasang surut dalam hidupnya, tapi tidak berarti mereka sangat memalukan.

Sebelum kita menyimpulkannya, mungkin ada baiknya merenungkannya sejenak, apakah kita sendiri pernah berprasangka (negatif).(jhn/yant)

Sumber: funpeer.com

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular