Erabaru.net. Hari itu pasti adalah “hari keberuntungan” bagi nelayan Jepang satu ini, yang berhasil memancing ikan raksasa di lepas pantai Utara pulau Hokkaido, Jepang, dekat Rusia. Apakah makhluk laut yang tampak mengerikan ini merupakan hasil radiasi dari bencana nuklir Fukushima?

Nelayan ini tertegun melihat ikan raksasa yang berhasil ditangkap. Hiroshi Hirasaka, yang sering terbang ke Hokkaido untuk memancing binatang laut yang aneh dan telah menulis sebuah buku berjudul “Exotic Fish Species: I Caught, Judged and Tried Eating,”  (Spesies Ikan Eksotis: Saya Menangkap, Menilai dan Mencoba Memakannya) memposting sebuah foto dirinya sedang “hampir tidak mampu memegang” “monster” raksasa dengan mulut menganga besar, di Twitter.

Twitter: 平坂寛

Hirasaka mengatakan bahwa makhluk yang tampak mengerikan ini, yang mereka tangkap dari lautan, sebenarnya adalah seekor “bering wolfish.” Dia menulis: “Tidak sia-sia saya terbang ke [Hokkaido] dua kali dalam tiga bulan. Ikan ini sangat keren.”

Hasil tangkapannya sangat dihargai, karena wolffish yang tampak garang biasanya ditemukan di laut dalam, di Samudra Pasifik dan Atlantik, jarang sekali berenang di dekat permukaan.

Biasanya, wolffish panjangnya sekitar 3 kaki, namun rupanya, makhluk yang ditangkap Hiroshi lebih panjang dari itu. Yang dia tangkap diyakini adalah salah satu wolffish terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah!

Ukurannya yang sangat besar telah menimbulkan pertanyaan tentang mutasi yang disebabkan oleh radiasi, karena makhluk tersebut tertangkap di dekat lokasi bencana nuklir Fukushima 2011.

Twitter: 平坂寛

Namun, Earth Touch News Network curiga, bisa jadi ini adalah hasil ilusi optik: Hirasaka bisa saja membuat ikan itu tampak lebih besar dengan mendekatkannya ke lensa kamera.

Dr. Timothy Mousseau, seorang spesialis radiasi dari University of South Carolina, mengatakan kepada IBTimes Inggris bahwa wolffish raksasa tidak mungkin terbentuk akibat mutasi yang disebabkan oleh radiasi. “Pertama dan terutama adalah karena biasanya efek mutasi adalah untuk mengurangi tingkat pertumbuhan, yaitu justru membuat sesuatu menjadi lebih kecil,” kata Mousseau.

Twitter: 平坂寛

“Mereka tumbuh kurang efisien, mereka kurang mampu menangkap makanan dan mereka cenderung tidak hidup lama. Sebagian besar efek mutasi justru sangat merugikan. Sangat sedikit mutasi yang menyebabkan ukuran tumbuh menjadi ekstra besar, “tambahnya.

Namun, itu tetap adalah tangkapan yang tidak biasa – wolffish yang ditangkap Hirasaka adalah spesimen yang sangat tua dan sehat. Mousseau menjelaskan: “Jika Anda mencari dengan keras dan cukup lama, selalu ada beberapa ekor yang berhasil bertahan cukup lama untuk mencapai ukuran sebesar itu.” (Jul)

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular