Erabaru.net. Tidak ada yang meragukan aroma pai apel yang baru dipanggang membangkitkan selera yang kuat siapa saja. Tapi inilah kabar baik yang mengejutkan: Mencium aroma tertentu juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Minyak zaitun extra virgin

Sebuah studi dari Pusat Penelitian Kimia Pangan Jerman menemukan bahwa bahkan hanya mencium bau Minyak zaitun extra virgin (EVOO) dapat menyebabkan perasaan kenyang yang lebih besar.

Bila ekstrak aromatik ditambahkan ke yogurt, partisipan mengkonsumsi lebih sedikit kalori dan mendapat respons gula darah lebih baik dibandingkan dengan yogurt biasa tanpa ekstrak tambahan.

Mereka juga mengalami peningkatan serotonin yang lebih tinggi, hormon yang berhubungan dengan kenyang.

Ini adalah berita bagus bagi penggemar minyak zaitun karena bahan ampuh ini juga sarat dengan MUFA, lemak sehat yang membantu melunturkan lemak perut.

Bawang putih

Menurut penelitian pada tahun 2012 di jurnal Flavour, aroma bawang putih yang kuat akan membuat Anda mengambil lebih sedikit makanan.

Carilah makanan pedas dengan rasa berani seperti cabai atau bawang, atau cobalah menaburkan potongan cabai rawit ke sup.

Ada bukti bahwa cabai yang pedas dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Penelitian lain menemukan bahwa makan cabai yang pedas akan membuat Anda lebih panjang umur.

Apel hijau dan pisang

Penelitian di Smell & Taste Treatment and Research Foundation menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan yang mencium aroma pisang atau apel hijau saat kelaparan, maka berat badannya akan jauh berkurang dibandingkan dengan orang yang tidak.

Dipercaya aroma harum yang “netral” dapat mengurangi nafsu makan, jadi jika Anda tidak memiliki pisang atau apel hijau, cobalah mengendus-endus vanila atau peppermint.

Fennel (adas)

Tanaman renyah dan menyegarkan ini dengan sedikit aroma rasa licorice telah lama digunakan oleh orang Italia sebagai pembersih langit-langit mulut di antara jam makan, namun menurut West Coast Institute of Aromatherapy, adas juga berfungsi sebagai penekan nafsu makan.

Jeruk Bali merah

Vitamin C dan likopen yang terkandung di dalamnya dapat menurunkan berat badan jika Anda mencium aromanya selama beberapa detik sebelum memakannya.

Peneliti di Universitas Osaka di Jepang menemukan bahwa memaparkan tikus pada aroma minyak jeruk Bali merah selama 15 menit membantu mengurangi nafsu makan dan berat badan. Peneliti percaya aroma berinteraksi dengan enzim hati. (Hindari kebiasaan yang memperburuk fungsi hati).(vivi/yant)

Sumber: www.rd.com

Share

Video Popular