Erabaru.net. Jika Anda memiliki berat badan berlebih dan memiliki riwayat keluarga diabetes, saatnya untuk memperhatikan gejala-gejala berikut ini!

Jika tidak diobati dengan benar, diabetes dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Pada diabetes tipe 2, seseorang bisa kebal terhadap insulin, atau menderita kekurangan insulin.

Hingga kini memang penyakit ini belum ada obatnya, tapi hal ini tentu bisa dicegah dengan melakukan diet dan olahraga.

Menerapkan diet rendah karbohidrat dan lemak tinggi (Low Carbohydrate, High Fat) juga mendapatkan beberapa hasil bagus untuk mencegah Anda mengalami penyakit diabetes.

Berikut adalah beberapa tanda Anda bisa menderita resistensi insulin atau diabetes.

1. Haus dan rasa lapar yang berlebihan

Polydipsia, atau haus yang berlebihan, merupakan gejala yang sering diabaikan oleh penderita diabetes tipe 2. Seringkali, orang hanya mengira cuaca panaslah yang membuat mereka minum lebih banyak.

Tapi jika tubuh Anda terlalu banyak mengandung glukosa, ginjal Anda berada di bawah tekanan yang berusaha untuk tetap menjaga kadar gula dalam tubuh Anda, maka hal itu akan membuat Anda merasa dehidrasi.

2. Sering buang air kecil

Apakah Anda sering pergi ke kamar mandi, terutama di malam hari? “Jika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup insulin (hormon yang membawa glukosa ke sel Anda untuk memberi mereka energi), glukosa terbentuk di aliran darah Anda dan akan keluar melalui urin Anda,” jelas Janet Silverstein, MD, kepala endokrinologi pediatrik di Universitas Florida.


3. Masalah kulit

Terlalu banyak kadar gula dalam tubuh bisa berdampak buruk bagi kondisi kulit, seperti kulit gatal dan kering, dan bercak keriput di sekitar mata.

Kadar gula yang berlebihan dapat menyebabkan lapisan kulit di bagian belakang leher berwarna gelap. Permukaan kulit yang berubah warna juga bisa terjadi pada bagian tubuh yang lain.

4. Berat badan turun drastis

Meski berat badan turun lebih sering terjadi pada individu dengan diabetes tipe 1, hal itu juga bisa menjadi gejala diabetes tipe 2.

Ketika tubuh berjuang untuk membuat insulin, sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dari makanan untuk menghasilkan energi, yang mendorong pemecahan lemak. Pada gilirannya, ini memicu penurunan berat badan secara drastis.

5. Masalah penglihatan

Apakah Anda merasa sulit untuk fokus saat melihat? Penumpukan glukosa pada lensa mata bisa disebabkan oleh kadar gula dalam darah tinggi. Pejamkan mata Anda jika Anda memiliki masalah dengan penglihatan Anda.

6. Luka sulit sembuh

Kadar gula tinggi dalam darah dapat mempengaruhi mekanisme pertahanan tubuh Anda, menyebabkan Anda menderita luka Anda sulit disembuhkan, atau sembuh dalam waktu yang cukup lama.

7. Kesemutan pada tangan dan kaki

Rasa kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki bisa jadi akibat kerusakan saraf karena menderita diabetes. Ada juga rasa sakit di tungkai seperti terbakar.

Jika Anda memiliki beberapa gejala di atas, sangat disarankan agar segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Tes darah adalah cara mudah untuk memastikan Anda mengidap penyakit ini.(intan/yant)

Sumber: ntd.tv

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular