Erabaru.net. Semasa kanak-kanak, kita bisa bergantung pada orangtua, dan seiring bertambahnya usia, kita pun harus menghadapi irama yang semakin cepat dan menanggung beban tekanan yang semakin meningkat. Tidak ada yang siapa pun yang bisa memberimu ketergantungan mutlak, semuanya harus bergantung pada diri sendiri.

Daripada bergantung pada orang lain, lebih baik mengandalkan diri sendiri, hanya dengan mengandalkan diri sendiri, hidup yang dijalani pun menjadi lebih tenang.

Jika Anda merasa kekurangan materi, bekerjalah dengan gigih, cari uang sendiri, jika merasa terlalu sulit, pelankan langkahmu, kendorkan saraf dan tenangkan pikiran.

Orang lain bisa membantumu sementara, dan yang bisa membantumu seumur hidup, hanya kamu sendiri.

Jangan mengeluh jika tidak ada orang yang mengulurkan tangan saat menghadapi kesulitan, jangan mengeluh jika tidak ada yang membantumu saat terdesak.

Hanya dengan mengandalkan diri sendiri, baru bisa mengarungi gelombang (lika-liku hidup), sama seperti sebelumnya, hanya dengan diri kita yang sudah kuat, segala rintangan baru bisa kita singkirkan.

Mungkin kekerasan hati kita akan membuat jalan kita berliku, tapi kalau tidak menjalaninya bagaimana kita tahu ada pelangi di sana.

Jika selalu bergantung pada orang lain, suatu hari nanti pasti akan kehilangan jati diri, hanya dengan mengandalkan diri sendiri, baru bisa menjalani hidup di duna fana ini dengan batin yang tenang.

Hanya dengan mengandalkan diri sendiri, perjalanan kita baru akan lancar dan melihat pemandangan yang semakin indah di depan mata.

Berusaha dengan gigih, membuka sebuah jalan dan menciptakan kecemerlangan yang unik, itulah makna sesungguhnya dari kehidupan, jadi sekali lagi, lebih baik mengandalkan diri sendiri daripada bergantung pada orang lain, termasuk kerabat sendiri.(jhn/yant)

Sumber: coco01

Share

Video Popular