Erabaru.net. Ada seorang wanita yang sedang mengunjungi Old Montreal, sebuah tujuan wisata yang populer di Kanada. Ketika tiba-tiba, dia melihat ada seekor kuda kereta jatuh tersungkur ke tanah, mungkin karena ia kelelahan menarik kereta atau sakit.

Dia pun langsung merekam serangkaian kejadian tersebut, dan mengunggahnya di media sosial. Tak disangka, video ini bisa menimbulkan kegemparan di media sosial.

Pada 4 September lalu, Diane Villeneuve dan temannya sedang berada di dekat Basilika Notre-Dame di Montreal, Kanada. Mereka merasa ketakutan ketika tiba-tiba seekor kuda ambruk dan tersungkur ke jalan.

Kuda itu memang kuda penarik kereta kuda, atau dikenal sebagai calèche, yang biasa membawa para turis dari dan menuju Ville-Maire.

© Facebook | Didi Newtown

“Saya melihat kedua kaki depannya menekuk dan menyentuh tanah terlebih dahulu. Pak kusir pun langsung melompat untuk melihat keadaan kuda dan membantunya, tapi kudanya tidak responsif. Tidak ada gerakan sama sekali,” katanya pada The Dodo.

Setelah kelompok itu melepaskan baju zirah dari kuda, kuda itu masih tetap tidak responsif. Diane memutuskan untuk memanggil polisi. “Lima menit kemudian, saya memutuskan untuk menelepon 911. Kondisi kuda ini amatlah buruk. Jujur saja, saya pikir dia tidak akan pernah bangun kembali,” katanya.

Diane kemudian mulai merekam kejadian ini dan menunjukkan rekamannya kepada polisi. “Polisi tiba pada saat yang sama, sewaktu kuda itu bangkit,” ujarnya.

“Mereka mengatakan kepada saya bahwa tidak ada yang bisa mereka lakukan kecuali memberikan pendamping ke kandang kuda dan memastikan kuda itu mendapatkan waktu istirahat,” tambahnya.

Ketika video yang diambil oleh Diane diposting ke  Facebook , ini memicu perdebatan sengit di kalangan warganet. Postingan ini mengumpulkan 6.000 komentar dan telah dibagikan sebanyak lebih dari 26.000 kali dalam jangka waktu kurang dari dua minggu.

https://www.facebook.com/DeeAnneNewtown/videos/10155002149632896/

Ini bukan pertama kalinya seekor kuda ambruk, menurut Mirella Colalillo, juru bicara Koalisi Pertahanan Anti-Calèche. “Musim panas kali ini adalah yang terburuk sejauh ini. Ada begitu banyak kuda kurus, terluka dan menunjukkan tanda-tanda kesusahan, serta merasa tidak berdaya,” kata Mirella.

“Sang kusir dan pemilik Calèche ingin kami percaya bahwa kuda mereka telah dirawat dengan baik, tapi mengapa banyak kuda calèche kelelahan hingga pingsan?” tanya Mirella.

“Setelah bekerja sembilan jam mereka kembali ke sebuah tempat, di mana mereka dikurung di sebuah warung kotor tanpa ada tempat untuk berbaring. Ini bukan jenis kehidupan yang pantas untuk kuda calèche yang telah menghasilkan uang untuk mereka, “tambahnya.

Menanggapi video Diane, Mirella berkata: “Saya adalah seorang penyayang binatang, dan saya tidak akan pernah menutup mata dan berdiam diri saat melihat sesuatu yang tidak saya sukai, dan saya rasa hal ini benar-benar buruk.”

“Saya tidak tahu mengapa kuda ini jatuh pingsan, tapi saya tahu ada yang tidak beres dengan mereka (kuda calèche), dan ini adalah kejadian yang seharusnya tidak kita lihat lagi di masa kini.” (intan/asr)

Sumber : ntd.tv

Share

Video Popular