Erabaru.net. Tubuh manusia mengalami berbagai perubahan karena perubahan musiman yang tiba-tiba ini. Oleh karena itu, Ayurveda menyarankan untuk mempraktikkan gaya hidup Ritucharya – ayurveda sesuai musimnya.

Jenis gaya hidup Ayurvedic yang harus diikuti selama musim hujan adalah Varsha Ritucharya. Ini merekomendasikan membuat perubahan pada diet dan cara hidup untuk menjaga kesehatan tubuh .

Saat musim hujan, penting untuk mengetahui beberapa tip untuk merawat tubuh Anda.

Perhatikan apa yang Anda makan

Sistem pencernaan seseorang menjadi sangat rentan selama musim hujan. Kapasitas pencernaan perut yang dikenal dengan ‘Agni’ melambat secara drastis membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit. Jadi, makanlah sesuai kapasitas pencernaan Anda.

Sangat dianjurkan makan makanan yang mudah dicerna, seperti nasi, barley, minyak samin, bawang putih, wheat, oat, daging tanpa lemak, lentil dan kacang hijau.

Hindari makanan yang sangat pedas, mentah dan mengalami fermentasi. Jangan makan dadih dan daging merah.

Pilih buah dan sayuran musiman

Lebih baik makan sayuran dan buah musiman saat musim hujan tiba. Karena mikroba dapat dengan mudah berkembang pada produk yang tidak musiman dan mempengaruhi usus lebih cepat daripada musim yang lain.

Adalah baik makan ubi jalar dan sebagian besar varietas labu. Adalah baik untuk memilih makanan yang rasanya pahit karena berkemampuan untuk melawan mikroba di lambung, sehingga mencegah masalah kesehatan. Buah yang harus dimakan meliputi buah delima, apel, pisang, leci dan ceri.

Hindari tidur siang hari

Ahli pengobatan Ayurveda tidak pernah menyarankan tidur siang di musim hujan, karena tidur siang di musim hujan secara alami akan memperlambat proses pencernaan saat seseorang tertidur.

Yang terpenting, jangan pernah tidur setelah makan. ‘Agni’ (kapasitas pencernaan) dapat ditingkatkan dengan makan lada, jahe, ketumbar, bawang putih, bubuk jinten, hing dan kunyit pada makanan yang baru disiapkan.

Menjalani perawatan Panchakarma

Panchakarma adalah terapi lima macam yang dilakukan oleh pakar terapis Ayurvedic untuk mengeluarkan racun dari tubuh yang menumpuk seiring waktu karena kesehatan yang buruk.

Terapi ini memperbaiki ketidakseimbangan tubuh dan membantu menjaga kesehatan mental dan fisik. Perawatan meliputi pijat, pemandian minyak, administrasi hidung dan enema herbal. Hal itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan seseorang.

Hindari olahraga berat

Olahraga bertujuan untuk menjaga tubuh tetap bugar namun bila berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama saat tubuh sudah dalam keadaan lemah secara alami selama musim hujan.

Manjakan diri dengan berenang, melakukan sedikit peregangan pada tubuh dan berjalan-jalan. Yoga juga dapat membantu Anda rileks di dalam rumah Anda yang nyaman.(vivi/yant)

Sumber : boldsky

Share

Video Popular