Oleh Gu Qing-er

Seorang pejabat partai puncak pernah dianggap sebagai pesaing untuk menggantikan pemimpin Tiongkok saat ini telah dipecat dari Partai Komunis Tiongkok.

Pada Jumat beberapa waktu lalu, media pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa badan anti-korupsi partai tersebut menuduh Sun Zhengcai antara lain menerima sogokan, menyalahgunakan wewenangnya untuk menguntungkan hubungannya, menggunakan seks untuk mendapatkan kekuasaan.

Sun telah disingkirkan dari jabatannya sebagai Sekretaris Partai Kota Chongqing pada bulan Juli.

Partai tersebut mengumumkan bahwa dia secara resmi diselidiki karena “pelanggaran disiplin yang parah”

(bowenpress.com)

Kecepatan yang dia tanggung belum pernah terjadi sebelumnya. Berita tersebut juga baru muncul beberapa minggu sebelum kongres nasional ke-19 akan bersidang untuk menentukan kelompok elit politik yang masuk akan memerintah negara tersebut dalam lima tahun ke depan. Pemimpin saat ini Xi Jinping diperkirakan akan terus sebagai bos partai puncak.

Namun, tetap ada faksi di dalam partai yang setia dengan mantan pemimpin Jiang Zemin. Dalam beberapa tahun terakhir, Xi telah mengkonsolidasikan kekuasaannya dengan menurunkan sejumlah pejabat tinggi di faksi Jiang, melalui kampanye anti-korupsinya.

Sun adalah yang terbaru untuk disingkirkan. Sun adalah sekutu dekat beberapa loyalis Jiang peringkat tinggi, termasuk Zeng Qinghong, mantan wakil ketua dari tahun 2003 hingga 2008. Dia adalah orang kepercayaan Jiang yang dekat dan kejam menghancurkan lawan-lawan Jiang agar kekuatan Jiang meningkat.

(Lintao Zhang/Getty Images)

Jiang dikenal karena taktik kekerasannya untuk mendapatkan kontrol: dia berjanji untuk melakukan tindakan keras terhadap aktivis demokrasi mahasiswa selama pembantaian di Lapangan Tiananmen; respon negara yang ceroboh terhadap epidemi SARS; dan meluncurkan genosida nasional untuk melenyapkan penganut praktik spiritual Falun Gong.

Sun Zhengcai naik melalui barisan di bawah bimbingan Zeng, menurut juru bicara Tiongkok saat ini, Tang Jingyuan. Dengan menurunkan Sun, Xi Jinping memastikan bahwa jalan Zeng untuk bertahan sudah tereliminasi, kata Tang. Itu akan melemahkan pengaruh Jiang yang tersisa dalam partai.

(ran/asr)

Sumber : The Epochtimes

 

Share

Video Popular