Erabaru.net. Penjaga pantai di Italia, yang sedang berpatroli di pantai, selalu yakin sanggup menyelamatkan orang yang terdampar di lautan.

Keyakinan ini berasal dari beberapa anjing berkaki 4 berkaki khusus yang dilatih dengan ketat untuk menemukan dan menyelamatkan orang-orang yang tenggelam dan tidak bisa berenang di laut.

Biasanya dibutuhkan sekitar tiga tahun untuk melatih seekor anjing ke tingkat di mana mereka dapat secara aktif terlibat dalam operasi penyelamatan.

Ketika mereka akhirnya siap, anjing-anjing ini akan bekerja sama dengan lifeguard manusia dan terbukti menjadi salah satu aset terbesar mereka.

© Facebook | SIC S Squadra Italiana Cani Salvataggio

Saat menemukan seseorang yang hanyut di laut, anjing-anjing ini akan melompat dari helikopter atau speedboat ke laut untuk menyelamatkan orang yang tak bisa berenang atau menyelamatkan diri di tengah lautan.

Mereka pada umumnya akan membawa baju zirah, pelampung, atau rakit ke orang tersebut. Dan begitu orang itu memegang benda tersebut, anjing itu mengarahkan mereka kembali ke garis pantai.

“Anjing ini berguna dalam menahan kelelahan fisik penjaga pantai, untuk meningkatkan kecepatan menolong para korban, untuk meningkatkan keamanan korban dan penjaga pantai. Anjing itu menjadi semacam penolong cerdas,” kata Roberto Gasbarri, koordinator program di salah satu sekolah pelatihan anjing, demikian laporan  CBN News.

© Facebook | UNITYWARFARE

Terdapat beberapa pusat pelatihan anjing yang beroperasi di seluruh Italia. Meskipun mereka menerima anjing untuk program pelatihan, anjing ini memiliki beberapa persyaratan, seperti berat badan setidaknya 30 kg, anjing jenis Newfoundlands, Labradors, dan Golden Retriever lebih disukai, serta mereka memiliki kegemaran untuk berenang.

 

© Facebook | SICS – Squadra Italiana Cani Salvataggio – Scuola Italiana Cani Salvataggio

Anjing-anjing tersebut memiliki dampak yang sangat besar dalam operasi penyelamatan. Ini diakui juga oleh beberapa penjaga pantai, bahwa keberadaan mereka sungguh sangat membantu dan berguna.

“Menjadi penolong korban tenggelam, mereka berangkat sesuai dengan perintah yang kita instruksikan kepada mereka, apakah itu manusia, benda, atau ikan, dan mereka membawanya kembali ke pantai …,” kata seorang penjaga pantai bernama Monia Luciani.

© Facebook | SICS – Squadra Italiana Cani Salvataggio – Scuola Italiana Cani Salvataggio

Menurut data penjaga pantai di wilayah Italia, sekitar 3.000 orang berhasil diselamatkan setiap tahunnya, dan anjing memainkan peran penting dalam menentukan keberhasilan operasi penyelamatan tersebut.

 

© Facebook | SICS – Squadra Italiana Cani Salvataggio – Scuola Italiana Cani Salvataggio

Ada lebih dari 300 anjing terlatih yang bertugas menjaga keamanan pantai Italia. Dengan kemampuan mereka yang dilatih untuk melakukan pekerjaan ini, kami yakin akan melihat semakin banyak aksi anjing yang berpatroli di perairan dan menyelamatkan nyawa manusia.

© Facebook | SICS – Squadra Italiana Cani Salvataggio – Scuola Italiana Cani Salvataggio

Tonton video di bawah ini:

(intan/asr)

Sumber : ntd.tv

Share

Video Popular