Kini Hadir Kamera CCTV Bersuara, Jangan Kaget dan Bingung! Tiba-Tiba Diteriaki Saat Melanggar Lalu Lintas

324

Erabaru.net. Saat anda mengendera pada sejumlah ruas jalan di Jakarta, kini jangan kaget tiba-tiba saja anda diteriaki dari suara yang berasal di kamera CCTV.  Tentunya kamera CCTV ini tak serta merta menegur atau memperingati anda tanpa alasan.

Ketika anda melanggar seperti berhenti di atas garis zebra cross, anda langsung diteriaki seperti disebutkan anda yang lagi mengenderai kenderaan jenis A atau B diperingatkan sudah melanggar lalu lintas lalu diminta mundur. Nantinya, CCTV bersuara ini akan digunakan untuk tilang elektronik.

CCTV yang siap memperingatkan pengguna lalin jika melanggar (istimewa)

Sumber suara ini berasal dari ruang kontrol petugas yang memantau keberadaan pengendera di Jalan Raya.  Dari ruangan ini para petugas melihat dan mengimbau para pengguna lalin jika kemudian diketahui melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kepala Bagian Pembinaan Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada wartawan menjelaskan kini sudah terpasang sejumlah CCTV berspeaker yang terdapat pada 14 titik di Jakarta.

Keterangan kepolisian menyebutkan dari sebanyak 14 titik yang sudah terpasang pada sejumlah titik, hanya  di Jalan Thamrin Simpang, Kebon Sirih, Jakarta Pusat yang sudah diuji coba.

Sementara Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendali Lalu Lintas (SPLL) Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Susilo kepada BeritaJakarta.com mengatakan,  penggunaan CCTV bersuara  tersebut baru masih dalam tahapan uji coba.

“Kami lakukan uji coba untuk mengoptimalkan peralatan yang kami miliki,” katanya, Rabu (4/10/2017).

Menurut dia, saat ini terdapat dua lokasi sebagai ujicoba berdasarkan traffic light yang sudah terpasang kamera CCTV bersuara yakni di Sarinah dan Sunan Giri. Sedankan CCTV yang digunakan adalah PTZ yakni jenis kamera yang bisa bergerak, berputar, dan memperbesar gambar.

Berikut 14 titik yang sudah dipasang CCTV ‘bersuara’, yakni:

1.PTZ – Kebon Sirih Thamrin,

2.PTZ – Patung Kuda

3.PTZ – Hotel Milenium

4.PTZ – Sunan Giri

5.PTZ – Harmoni

6.PTZ – TU Gas

7.PTZ – Blok Y1 – Jl. Panjang

8.PTZ Blok A13 – Jl. Panjang

9.PTZ Kedoya Pesing – Jl. Panjang

10.PTZ Sunrise Garden – Jl. Panjang

11.PTZ – Kedoya Green Garden – Jl Panjang

12.PTZ – Kedoya Duri – Jl. Panjang

13.PTZ – Lapangan Bola – Jl. Panjang

14.PTZ – Pos Pengumben – Jl. Panjang

(asr)