Erabaru.net. Sekecil apa pun kesempatan itu, seorang guru masih mampu untuk mengajarkan dan menanamkan pengetahuan kepada anak-anak mereka!

Salah satunya adalah seorang wanita yang rela menempuh perjalanan menuju ketinggian 17.000 kaki (5.181 meter) untuk mengajar anak-anak di sana!

Terbiasa menjangkau tempat terpencil seperti Ladakh, guru ini pun memiliki rencana untuk mendidik anak-anak di daerah terpencil Uttarakhand, Sikkim dan di distrik Kargil, India!

(Foto : thebetterIndia)

Sujata Sahu, seorang guru yang penuh gairah asal Delhi ini sedang berjalan-jalan di sepanjang pegunungan di Ladakh, ketika dia berjumpa dengan 2 guru lokal yang rela ke kaki gunung untuk mendapatkan makan siang dan seragam untuk murid mereka.

Komitmen dan dedikasi kedua guru tersebut mampu menginspirasi Sujata untuk memulai sebuah pusat pendidikan bagi anak-anak di daerah terpencil Ladakh!

(Foto : thebetterIndia)

Sujata, lulusan teknik yang kembali ke kampung halamannya, India, setelah menyelesaikan pendidikannya di AS, menyaksikan infrastruktur minimum di daerah Ladakh dan anak-anak yang berjuang untuk berbicara bahasa Inggris.

Namun, dia benar-benar kagum dengan komitmen dan hidup mereka yang bahagia, meski ada kesulitan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini mendorong Sujata untuk memperbaiki pendidikan di daerah terpencil di negara India.

(Foto : thebetterIndia)

Setelah melakukan diskusi dengan suaminya Sandeep, Sujata mengunjungi sebuah sekolah terpencil di sebuah desa bernama Lingshed.

Mereka berjalan kaki selama 3 hari untuk mencapai ketinggian 5.181 meter.

Ketika mereka semakin dekat ke tempat itu, mereka melihat anak-anak dengan penuh semangat menunggu kedatangan mereka di sisi lain gunung.

Sujata bersama suaminya dan seorang teman membawa buku, pakaian, peralatan olahraga dan banyak peralatan sekolah lainnya untuk anak-anak yang diangkut dengan menggunakan keledai dan kuda!

(Foto : thebetterIndia)

Pusat pendidikan menemukan kesuksesan pertamanya saat mereka memilih platform teknologi untuk memetakan semua sekolah Ladakh dan memungkinkan para pendaki untuk menemukan mereka dalam perjalanan mereka.

Hal itu dilakukan berdasarkan peraturan yayasan Akshara, sebuah Platform Belajar Karnataka yang menempatkan semua sekolah di Karnataka di satu peta agar pemerintah daerah dapat memonitor sekolah.

(Foto : thebetterIndia)

Sekolah yang terletak di ketinggian 5.181 meter dimulai saat mereka menerima sumbangan satu set 20.000 buku oleh Yayasan Pendidikan Pratham dan 10.000 buku dari Scholastic India.

Sujata memiliki 3 tujuan utama yang ingin ia capai dalam hidupnya, pertama ia ingin mendirikan lebih dari 1000 sekolah di Ladakh.

Kedua, memperbaiki kualitas pendidikan di sekolah.

Dan terakhir, ia memiliki banyak sukarelawan baik berupa sumbangan untuk anak-anak tersebut maupun mengirimkan guru sukarelawan untuk mengajar di lebih dari 60 desa terpencil!

(Foto : thebetterIndia)

Sekolah di ketinggian 17.000 kaki ini membuka jalan untuk membawa dampak positif bagi kehidupan keluarga di desa-desa terpencil.

Dengan menjangkau pemberian pendidikan bagi anak-anak di tempat terpencil ini, bisa menjadi kesempatan bagi mereka untuk meraih mimpinya! (intan/yant)

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular