Erabaru.net. Kapan Anda mengalami perut buncit? Selama kehamilan kan? Bagaimana jika ada perut buncit setelah melahirkan?

Saat Anda hamil dan berangsur-angsur seiring bertambahnya ukuran janin, mengembangkan ‘ perut buncit” cukup alami. Tapi setelah melahirkan, ukuran perut berkurang dan tubuh kembali ke bentuk dan ukuran aslinya.

Tapi apa jadinya jika perut bucnit tidak hilang bahkan setelah sebulan? Kedengarannya agak menakutkan kan?

Dalam sebagian besar kasus, ia kembali ke ukuran normal, namun dalam kasus yang jarang terjadi benjolan itu mungkin akan berlanjut untuk beberapa waktu lagi!

Berikut adalah beberapa fakta.

Apa yang terjadi di sebagian besar kasus?

Pakar kesehatan mengatakan bahwa setelah 1-2 minggu setelah melahirkan sebagian besar wanita tidak panik walaupun masih tampak seperti wanita hamil. Setelah 2 minggu melahirkan, perut buncit tersebut umumnya lenyap secara bertahap.

Bagaimana jika perut buncit tetap bertahan?

Jika perut masih tetap buncit setelah 2 minggu melahirkan dapat disebabkan oleh otot-otot yang membentang di daerah perut di mana. Otot-otot tersebut masih belum kembali ke posisi semula.

Apakah karena uterus membesar?

Rahim ikut membesar selama kehamilan. Jika perut terlihat seperti hamil bahkan setelah melahirkan maka bisa juga karena rahim membesar yang dan memerlukan waktu untuk kembali ke ukuran semula.

Apakah terasa sakit?

Rahim yang membesar perlu menyusut kembali ke panggul. Selama prosesnya, rasa sakit ringan bisa dialami.

Apakah itu karena cairan?

Setelah melahirkan, cairan animotic, cairan tertentu dan bahkan darah dapat menyebabkan munculnya benjolan di perut.

Apakah akan kembali normal?

Ahli kesehatan mengatakan bahwa cepat atau lambat (dalam hitungan beberapa bulan), keadaan akan segera kembali normal dan benjolan itu akan hilang.

Tapi jika Anda khawatir, Anda bisa berkonsultasi dengan ginekolog untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menyingkirkan perut buncit setelah melahirkan.(vivi/yant)

Sumber : boldsky

Share

Video Popular