Erabaru.net. “Hei, coba lihat, dia disana!Dia adalah bintang kebugaran kita di sini.” Pada pukul 04 : 30, di sebuah taman olahraga di pinggiran utara Xi’an, Tiongkok, seorang kakek yang sedang olahraga pagi.

Nenek berambut putih yang sedang berjalan cepat di jalan setapak itu adalah “nenek palang sejajar” yang legendaris – Zhang Huifang.

Zhang Huifang atau nenek Zhang yang berusia 85 tahun ini, telah menjalani latihan fisik selama 8 tahun berturut-turut di taman ini.

Karena mampu berayun turun naik di palang sejajar, sehingga mendapatkan julukan “nenek palang sejajar”sampai sekarang.

Nenek ini punya metode pelatihannya sendiri, kecuali turun hujan atau salju lebat, nenek Zhang selalu ke taman ini untuk latihan fisik, bahkan saat imlek juga pasti ke taman ini.

Dia adalah model kebugaran kita di taman kota ini !” cerita kakek Thang yang berusia 82 tahun kepada wartawan setempat.

8 tahun yang lalu, karena perkembangan Kota Xi’an di sebelah utara, rumah nenek Zhang digusur dan direlokasi ke tempat yang baru oleh pemda setempat disertai ganti rugi, jadi, nenek Zhang tidak lagi seperti dulu harus disibukkan dengan bertani di sawah.

Sumber appledaily

Kemudian, nenek Zhang mulai aktif berolahraga di taman kota, awalnya nenek Zhang hanya ingin mengisi waktu senggangnya yang sudah terbiasa bekerja di sawah.

Tapi tak disangka setelah berolahraga di taman tersebut, nenek Zhang pun mulai menyukai fasilitas olahraga di taman, dan perlahan-lahan mulai terbiasa berolahraga setiap hari.

Setiap hari nenek Zhang bangun pada jam 4 pagi, kemudian nenek Zhang berjalan sejauh satu kilometer dari rumahnya menuju ke taman untuk olahraga kebugaran tubuh.

Karena kebiasaannya ini, sehingga lambat laun aktivitas sehari-hari nenek Zhang pun menjadi teratur.

Nenek Zhang berolahraga dengan berjalan cepat sejauh hampir 4 km sebagai latihan pemanasan.

Wartawan menyaksikan, nenek Zhang tidak pernah duduk istirahat sejenak selama berolahraga lebih dari tiga jam setiap hari, bahkan tidak minum seteguk air pun saat sedang berolahraga.

“Olahraga kebugaran fisik adalah latihan yang cukup melelahkan, tapi suasana hati dan sekujur badan menjadi nyaman setelah latihan seperti itu setiap hari, sejauh ini juga kesehatan fisik sangat prima.” Kata nenek Zhang.

 

Bagi sebagian besar orang tua, olahraga palang sejajar relatif lebih berbahaya, tapi nenek Zhang yang “berbakat” ini membuat orang-orang tercengang yang begitu lincah saat melihat aksinya di palang sejajar.

Di palang sejajar, nenek Zhang sesekali memegang palang sambil mengayunkan sepasang kakinya, menggelantung pada palang, posisi duduk kangkang atau straddle, bertumpu pada lengan atas, atau gerakan yang dikenal dengan upper arm support dan lain sebagainya.

Sebagia besar nenek Zhang merancang sendiri metode dan gerakan olahraga senamnya.

“Saya pikir olahraga kebugarahn tubuh yang paling penting adalah ketekunan, tahu bagaimana cara bertahan,” kata nenek Zhang.

Seusai olahraga, nenek Zhang biasanya masih harus menyiapkan masakan untuk cucunya yang berusia 14 tahun di rumah, dan membantu menjaga seorang cucu usia 2 tahun dari anaknya.

“Saya memasak sendiri di rumah, misalnya masak mie, nasi, corn bread- semacam roti/kue yang terbuat dari tepung jagung dan sebagainya, karena saya tidak suka makan diluar.”

“Namanya juga nenek, membantu menjaga cucu saya, dan saya merasa (kesehatan) fisik saya jauh lebih sehat daripada anak-anak saya, mereka sibuk, jadi saya membantu mengurangi beban mereka,”kata nenek Zhang.

“Irama hidup Anak-anak muda sekarang sangat cepat, saya harap kita bisa menguatkan fisik melalui latihan kebugaran/senam ini. Milikilah fisik yang sehat dan stamina yang kuat untuk diri masing-masing!” tambahnya. (jhn/yant)

Sumber: goodtimes.my

Share

Video Popular