Erabaru.net. Apakah Anda bisa makan pizza satu loyang utuh sendiri? Apakah Anda duduk di depan TV dengan sepiring penuh pasta atau mangkuk penuh dengan makanan ringan, dan semua itu menghilang dalam hitungan detik tanpa Anda sadari, hanya asik menonton TV dan tiba-tiba mangkuk Anda sudah kosong? Kemudian Anda bisa makan tanpa “kesadaran.”

Menurut Helen Bond, seorang ahli gizi Inggris, makan tanpa kesadaran berarti mencekok makanan secara rutin tanpa memusatkan perhatian pada apa yang Anda makan, yang hanya menyebabkan lebih banyak asupan kalori daripada yang dibutuhkan.

Menurut para ahli, Anda harus sadar pada saat makan, yang mana hal itu akan membantu kita untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan, dan untuk mencapainya, kita punya 6 tips, mari kita simak!

1. Singkirkan perangkat elektronik Anda

perfecto.guru

Matikan TV dan singkirkan ponsel Anda. Mematikan alat elektronik akan membantu Anda fokus ke satu hal di satu saat itu. Hal ini bermanfaat bagi banyak bidang kehidupan dan tidak terkecuali, terhadap cara makan Anda.

Makan tanpa gangguan memungkinkan Anda untuk fokus pada apa yang Anda makan dan, karenanya, Anda akan makan lebih lambat. Bila Anda berkonsentrasi untuk makan, Anda akan lebih mudah sadar saat merasa kenyang.

2. Gunakan garpu

perfecto.guru

Dengan garpu Anda memiliki kesempatan untuk makan perlahan. Sebaiknya biarkan garpu tetap di atas piring setelah Anda makan dengan cara menggigit sedikit demi sedikit makanan pada garpu tersebut.

3. Ukuran piring

Menurut penelitian, ukuran piringan sangat mempengaruhi jumlah makanan yang Anda makan. Jika piring saji Anda kecil, Anda pasti akan makan lebih sedikit.

4. Kontrol porsi makanan yang Anda pesan

perfecto.guru

Menurut para ahli, Anda harus memesan makanan dengan porsi yang sesuai, jika Anda memesan makanan dalam porsi “terlalu” besar, Anda tidak akan sadar bvahwa porsi itu terlalu besar bagi Anda, dan padea akhirnya, Anda akan menghabiskannya juga.

5. Bercakap-cakap

perfecto.guru

Bercakap-cakap, membicarakan hal menyenangkan dengan teman atau keluarga sambil menikmati makan malam yang lezat, juga banyak membantu.

Duduk di meja dan berbicara memungkinkan Anda untuk makan lebih lambat, sehingga Anda bisa menyadari saat Anda kenyang, pada saat yang sama, tentu saja Anda bisa memiliki waktu yang berkualiotas bersama teman ataupun kerabat.

6. Makan di tempat yang seharusnya

Ini ditujukan untuk orang sibuk yang bekerja di kantor. Makan di meja kerja Anda adalah sangat tidak disarankan, Anda mungkin tidak bisa meresapi apa yang Anda rasakan, hanya tahu bagaimana menghabiskan makanan tersebut dengan cepat.

Singkirkan meja itu, dan temukan tempat yang menyenangkan juga santai, tempat Anda bisa makan.

Menurut ahli gizi, sangat penting untuk kembali ke cara makan tradisional di meja makan. Percaya atau tidak, sadar akan apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan, adalah sangat penting bagi kesehatan Anda! (Jul)

Sumber: perfecto.guru

Disclaimer: semua artikel kesehatan yang ada di situs Erabaru.net ini hanya untuk tujuan informasi, dan hanya dapat dianggap sebagai saran, serta tidak boleh dijadikan acuan untuk menentukan kondisi siapapun. Jika Anda mengalami masalah atau gangguan, kami sangat menyarankan untuk segera mencari bantuan profesional.

Share

Video Popular