Erabaru.net. Dengan kemajuan dalam ilmu kedokteran, tidak ada yang mustahil untuk dilakukan sekarang!

Dokter telah menemukan dan melakukan sebuah operasi yang sukses di berbagai negara, dan sekarang negara India berbangga diri setelah berhasil melakukan salah satu dari jenis ini!

Di sebuah rumah sakit di Kochi, para dokter telah berhasil mentransplantasi tangan anak laki-laki yang menderita otak mati ke seorang gadis.

Ini merupakan transplantasi tangan ganda pertama di Asia!

Shreya Siddanagowda, 19, adalah seorang mahasiswa teknik kimia di Institusi Teknik Manipal yang telah menjadi penerima pertama dalam operasi transplantasi langka, yakni transplantasi tangan ganda.

newIndianexpress.com

Putri dari pasangan Suma Nuggihalli dan Fakirgowda Siddnagowder yang tinggal di Pune, kehilangan kedua tangannya saat ia mengalami kecelakaan bus pada tahun 2016, dan tangannya harus diamputasi hingga ke siku.

Dia mendapatkan harapan lagi saat menerima tangannya dari Sachin, 20, seorang siswa akhir tahun B.Com dari Universitas Rajagiri Ernakulam.

Dia divonis otak mati (otaknya tak berfungsi lagi) setelah jatuh korban kecelakaan sepeda yang mengakibatkan cedera kepala yang fatal.

Indianexpress.com

Operasi transplantasi yang dilakukan selama 13 jam oleh sebuah tim yang terdiri dari 20 ahli bedah dan 16 ahli anestesi yang dipimpin oleh Dr Subrahmania Iyer, kepala Departemen Bedah Plastik dan Rekonstruksi di Institut Kedokteran Sains Amrita, Kochi.

Para dokter pada awalnya tidak yakin tentang transplantasi tangan laki-laki ke perempuan tapi melihat keinginan Shreya untuk mendapatkan sepasang tangan membuat mereka menyetujui untuk melakukan operasi padanya!

thequint.com

Untungnya, tubuh Shreya tidak menunjukkan tanda-tanda penolakan akibat transplantasi ini.

Namun, dia harus menjalani pengobatan seumur hidup dan dia sedang berlatih untuk menggerakan jari tangan, pergelangan tangan dan bahunya.

Dia akan mendapatkan kembali gerakan 85 persen dalam satu setengah tahun berikutnya! (intan/rp)

Sumber: www.ntd.tv

Share
Kategori: Uncategorized

Video Popular