Erabaru.net. Seorang pria Brasil bernama Anthony Kulkamp Dias ini menjalani operasi otak sambil bermain gitar, bahkan disambut meriah oleh tim dokter.

Kulkamp yang berusia 33 tahun ini adalah seorang gitaris profesional yang berpengalaman selama 20 tahun.

Karena tidak dapat menyebut nama mobil yang disukai, dan tergagap-gagap saat bicara. Dias pun ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan.

Hasil diagnosis dokter menyebutkan, di dalam otaknya ada tumor yang mengancam nyawanya, harus diangkat dengan cara operasi.

Dias menjalani reseksi tumor otak setelah anestesi, tumor yang terdapat pada bagian kepala Dias mengancam otaknya tidak berfungsi dengan baik lagi.

Oleh karena itu tak ada cara lain selain meminta Dias bermain gitar saat operasi.

Dengan demikian membuat dokter lebih rileks melakukan operasi dan menghindari menyentuh area otak yang mengendalikan rasa, gerakan dan kemampuan berbicara.

Selama proses operasi yang berlangsung selama 9 jam, Dias menyanyikan enam lagu, termasuk : lagu rakyat Brasil, lagu klasik “Yesterday” dari The Beatles yang legendaries, dan lagu yang digubah anaknya.

Sementara para dokter berdiri di belakang kain biru untuk melakukan operasi.

Jean Abreu Machado, direktur klinis yang terus memantau keseluruhan pembedahan mengatakan, operasi ini menantang seluruh tim medis, terutama saat ahli anestesi membuat pasien sadar dan tidak merasakan sakit, dan ini adalah pekerjaan yang benar-benar tidak mudah.

Ini adalah operasi canggih yang ke-19 di rumah sakit Brasil, dan pertama kalinya seorang pasien memainkan alat musik selama operasi berlangsung.

Dokter biasanya menjalani reseksi tumor otak di alam bawah sadar pasien, namun jika posisi tumor otak dekat dengan area yang mengendalikan rasa, gerakan dan kemampuan berbicara, maka operasi semacam itu bisa mempengaruhi fungsi otak.

Dokter pun memilih untuk membiarkan pasien dalam keadaan sadar, untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada fungsi otak karena operasi tersebut.(jhn/yant)

Sumber : theepochtimes

Share

Video Popular