Erabaru.net. Sebagian besar dari kita memiliki microwave di rumah, karena ini adalah alat yang sangat berguna dan sangat praktis, disamping dapat menghemat waktu juga.

Namun, ada beberapa hal yang tidak disarankan untuk dipanaskan di microwave, karena bisa sangat berbahaya. Berikut akan kami bagikan dengan Anda, 7 diantaranya.

KatsiarynaKa2 / Shutterstock

Untuk memahami lebih lanjut, sebelumnya kami ingin bertanya, tahukah Anda bagaimana microwave tercipta, dan bagaimana cara kerjanya?

Bagaimana cara kerja microwave?

Mungkin Anda belum tahu, oven microwave dibuat secara kebetulan sebagai hasil investigasi radar selama Perang Dunia II ketika seorang insinyur, yang sedang bekerja meneliti gelombang mikro, menyadari bahwa batang coklat di sakunya mulai meleleh setelah terkena pancaran gelombang mikro yang dia teliti.

“Gelombang mikro” adalah gelombang radiasi elektromagnetik. Jenis oven microwave ini mengubah listrik, dan menghasilkan gelombang mikro. Di alat microwave ini, gelombang itu dikonfigurasi berada pada frekuensi yang mampu memanaskan molekul air dalam makanan.

Namun, tidak semua makanan ataupun barang, boleh “bersentuhan” dengan gelombang ini, 7 diantaranya adalah:

1. Aluminium foil

kocetoiliev / Shutterstock

Aluminium foil tidak dapat menahan gelombang mikro dan oleh karena itu benda ini akan menyerapnya, yang akan menyebabkan kertas memanas dengan sangat cepat dan terbakar.

2. Anggur

www.khasiat.co.id

Kita tahu bahwa tidak biasa meletakkan buah di dalam microwave, tapi, kalau-kalau Anda ingin mencoba, kami katakan itu bukan ide bagus.

Setiap anggur memiliki ukuran dan bentuknya sendiri, yang memungkinkan buah anggur untuk menerima dan memperkuat gelombang mikro, yang kemudian, dapat menghasilkan ledakan.

3. Busa polystyrene

Room’s Studio / Shutterstock

Polystyrene sesungguhnya adalah sejenis plastik sehingga mudah meleleh jika terkena panas untuk waktu yang lama. Tapi yang lebih parah lagi, polystyrene memiliki bahan kimia yang bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker), dan dengan adanya gelombang mikro, zat karsinogen itu dapat menular ke makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya.

4. Telur utuh

goodinfoeveryday.files.wordpress.com

Jika telur di dalam cangkang dipanaskan dalam microwave, bagian dalamnya akan memanas terlalu cepat dan membuat uap di dalam telur. Kemudian, bersiaplah, sebentar saja telur itu akan meledak.

5. Wadah Makanan

Laura Caseley for LittleThings

Terutama wadah makanan Tiongkok, karena gagang mereka terbuat dari logam. Pegangan logam akan meledak karena alasan yang sama seperti aluminium foil. Wadah makanan lain, umumnya juga mempunyai logam di bagian engsel dari tutupnya, itu sebabnya jangan taruh barang-barang sepeerti ini ke dalam microwave.

6. Kantong kertas

Laura Caseley for LittleThings

Kantong kertas cokelat mungkin terlihat tidak berbahaya, tapi ternyata bisa menimbulkan efek negatif juga.

Badan Keamanan Pangan di Amerika menyatakan bahwa kantong kertas tidak bersih, mudah terbakar, bisa memancarkan gas beracun, dan bisa mencemari makanan Anda.

7. Paprika dan Cabai

TrotzOlga / Shutterstock

Seperti telur, paprika dan cabai memiliki ruang kosong di dalamnya, yang bisa membentuk uap dan menyebabkannya mulai berasap. Asap yang keluar ini akan terasa pedas, dan akan menyebabkan iritasi pada mata dan tenggorokan Anda.

Jadi, kini Anda tahu, jika tidak ingin mendapat masalah saat menggunakan microwave, jauhkanlah hal-hal di atas dari microwave Anda. (Anggi/ Jul)

Sumber: littlethings.com

Share
Kategori: SEHAT

Video Popular