Erabaru.net. Wajah Anda adalah bagian yang paling terlihat yang menunjukan gejala jika ada yang salah dengan tubuh Anda. Kita lebih cenderung melihat wajah kita lebih banyak; dan ada kemungkinan lebih banyak menangkap sesuatu yang berbeda di wajah kita.

Sebagian besar tanda ini sering dikaitkan dengan kekurangan nutrisi, alergi, atau genetik.

Tapi jika tanda-tanda ini tidak ada sebelumnya, Anda benar-benar harus waspada terhadap gejala-gejala yang muncul di wajah Anda.

Titik kuning pada kelopak mata

Ini adalah lesi yang mengandung kolesterol yang disebut xantelasmata yang menunjukkan berisiko tinggi menderita penyakit jantung. 50% Penderita lesi ini lebih cenderung mengalami serangan jantung selama beberapa tahun ke depan dibandingkan dengan orang yang tidak memilikinya.

Wajah yang tidak simetri

Merupakan salah satu tanda awal stroke. Beberapa gejalanya adalah wajah tampak berbeda, satu sisi wajah berbeda, tidak dapat sepenuhnya tersenyum, dan kesulitan berbicara. Gejala tersebut memerlukan perhatian medis yang segera.

Kulit atau bibir kering dan bersisik

Ini adalah tanda peringatan umum adanya dehidrasi. Dapat juga menunjukkan masalah yang lebih serius seperti penyakit yang mempengaruhi kelenjar keringat, hipotiroidisme atau diabetes.

Perubahan warna wajah

Pucat dapat menjadi tanda anemia. Kulit berwarna kuning dapat merupakan tanda penyakit hati. Warna kebiru-biruan di bibir atau bantalan kuku dapat menunjukkan adanya penyakit jantung atau paru.

Dagu yang membulat

Dagu yang membulat menjadi tanda sleep apnea. Kunjungi dokter jika Anda mendengkur keras saat tidur, nyeri kepala di pagi hari atau merasa lelah di siang hari.

Rambut tumbuh lebat di wajah

Berlaku untuk para wanita! Dapat menjadi pertanda ketidakseimbangan hormonal atau gejala sindrom ovarium polikistik, di mana kadar hormon pria meningkat.

Ruam dan bisul

Masalah pencernaan tertentu dapat memberi gejala pada wajah. Benjolan berwarna merah yang gatal pada wajah dapat menunjukkan adanya penyakit celiac, suatu penyakit autoimun di mana tubuh bereaksi terhadap gluten. Ruam berbentuk kupu-kupu di tulang pipi dan tulang hidung dapat menandakan lupus.

Mata tampak lelah

Mata yang tampak lelah dapat menjadi pertanda penyakit kronis yang melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan kebocoran. Hal ini bisa membuat lingkaran hitam dan bengkak di mata.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share

Video Popular