Erabaru.net. Tidak ada rasa iri hati yang baik, bahkan di kalangan keluarga sekalipun, apalagi di kalangan hubungan pertemanan.

Merasa tidak senang melihat orang lain senang, bagaimanapun juga hanya akan emmbawa akibat buruk bagi orang itu sendiri, maupun orang yang menjadi sasaran iri hatinya.

Hal yang baik adalah jika kesenangan orang lain bisa menjadi motivasi ataupun inspirasi, dan bukannya malah membuat hati menjadi tidak senang dan selalu ingin menjatuhkan.

Antonio Guillem / Shutterstock

Ada beberapa tanda yang bisa kita perhatikan untuk menyadari bahwa seseorang sedang iri kepada kita, berikut adalah enam hal yang akan mengungkapkan apakah seseorang itu, sedang iri kepada kita:

1. Mengecilkan prestasi Anda

Bila Anda merhasil memeperoleh pencapaian baru, misalnya, pekerjaan baru, pacar baru, kenaikan gaji, kenaikan pangkat, atau apapun yang membuat Anda bahagia, orang yang Anda iri akan memeberi komentar bagus, namun dia juga memberitahu Anda bahwa itu adalah hal biasa saja, bukan sesuatu yang luar iasa, bahwa siapapun juga mampu mencapai hal seperti itu.

Satu-satunya hal yang ingin dilakukannya adalah, dia tidak ingin merasa inferior..tidak akan pernah mau merasa lebih inferior dari Anda!

2. Mengkritik Anda di depan umum

Ini adalah salah satu dasar dari perilaku iri, yang seringkali dilakukan secara halus.

Misalnya, jika Anda dan dia sedang rapat, atau pada saat apa saja ketika Anda dan dia berkumpul bersama banyak orang, dia mengatakan tiba-tiba ingat saat Anda melakukan sesuatu yang memalukan, atau mengolok-olok cara Anda berjalan, berpakaian, telah bertindak bodoh dalam beberapa situasi,… Percayalah, mereka tidak melakukannya untuk membuat gurauan.

phovoir / Shutterstock

3. Mereka tidak pernah bahagia untuk Anda

Bila Anda memberi mereka kabar baik, mereka tidak akan pernah benar-benar bahagia untuk Anda, semua yang Anda raih, akan dipandang sebagai hal umum, karena itu adalah sesuatu yang akan membuatnya kecil. Perhatikanlah, tidak sulit membaca tanda ini, Anda bisa tahu…

4. Selalu menawarkan bantuan … namun bila Anda membutuhkannya, dia TIDAK PERNAH tersedia

Dia akan sering mengatakan dan bersikap seolah siap membantu Anda, dan memang berniat membantu Anda, namun pada kenyataannya, saat Anda benar-benar membutuhkan bantuannya, dengan berbagai alasan, dia bisa “hilang” entah kemana.

pathdoc / Shutterstock

5. “Merampas” kerja keras Anda

Ketika Anda dan dia ada di satu tempat bersama orang lain, dan dia menceritakan suatu peristiwa di depan banyak orang, peristiwa yang ada hubungannya dengan Anda, dimana faktanya Anda memang berhasil mencapai sesuatu, mereka akan menambahkan; “tanpa saya Anda tidak akan bisa melakukannya”, atau “dan saya ada di sana untuk membantu Anda, karena Anda sendiri tidak akan bisa berhasil.”

6. Menjatuhkan semangat Anda terus-menerus

Jika Anda mengatakan kepadanya tentang sesuatu, dan dia selalu membuat kehilangan semangat, itu iri.

Orang yang iri akan selalu mengatakan sesuatu yang membuat Anda berpikir bahwa ada suatu masalah yang terjadi, bahwa itu sulit, bahwa Anda tidak mampu, bahwa itu buruk,… padahal sesungguhnya Anda memang mampu dan semua memang berjalan baik.

Jika saat membaca ini Anda ingat seseorang, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pergi, atau berhenti percaya dan beri batasan, karena orang-orang itu, biasanya cepat atau lambat akan menyakiti Anda dan Anda tidak pantas mendapatkannya.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah memulai suatu komunikasi yang serius dengannya, apapun itu, Anda lebih tahu yang terbaik. (Anggi/ Jul)

Sumber: siempremujer.com

Disclaimer: semua artikel kesehatan yang ada di situs Erabaru.net ini hanya untuk tujuan informasi, dan hanya dapat dianggap sebagai saran, serta tidak boleh dijadikan acuan untuk menentukan kondisi siapapun. Jika Anda mengalami masalah atau gangguan, kami sangat menyarankan untuk segera mencari bantuan profesional.

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds