Erabaru.net. Sepasang suami istri dari Singapura berlibur di sebuah resor di Laut Aegea. Ketika mereka ingin pergi menyelam, mereka menemukan ‘benda aneh’ yang mengapung di permukaan laut.

Tanpa pikir panjang, sang suami langsung menyebut objek itu sebagai “telur mata sapi” karena bentuknya.

Tapi mengapa tiba-tiba di tengah laut ada telur mata sapi? Karena penasaran, sang suami mendekati benda itu dan menyentuhnya dengan hati-hati.

Objek itu hanya mengapung dan tidak bergerak. Jadi pasangan ini kemudian memutuskan untuk mengambilnya.

Mereka mengambil kayu dan menyentuh benda itu dengan hati-hati. Benda “telur mata sapi” itu berputar-putar dari atas ke bawah.

Dan mereka menemukan bahwa benda aneh itu adalah spesies ubur-ubur.

Sang suami terus berusaha mengangkat dan mengalihkan ubur-ubur itu dan membawanya ke darat. Setelah diperiksa, bentuk ubur-ubur itu seperti telur mata sapi.

Ada kuning telur di tengah dan putih telur di sekitarnya. Pasangan ini terus meneliti objek ubur-ubur yang aneh ini dan menyelidiki dari spesies mana ubur-ubur ini berasal.

Akhirnya mereka mengetahui bahwa ubur-ubur ini disebut Cotylorhiza tuberculataatau atau ubur-ubur telur mata sapi.

Cotylorhiza tuberculata adalah spesies ubur-ubur yang juga dikenal sebagai ubur-ubur Mediterania atau ubur-ubur telur mata sapi.

Ia biasa ditemukan di Laut Mediterania, Laut Aegea dan Laut Adriatik. Diameter ubur-ubur ini bisa mencapai 35 sentimeter.

Obur-ubur ini tidak membahayakan manusia karena tidak memiliki sengatan seperti spesies ubur-ubur yang ditemukan di samudera lain.

Diameter ubur-buru telur mata sapi ini hanya bisa mencapai selebar 35 sentimeter. Dia sangat lembut juga warna dan bentuknya dari atas seperti telur goreng mata sapi.

Tepi-tepinya dikelilingi seperti bentuk cincin yang melengkung dengan bagian bawahnya seperti serbuk sari kecil yang lembut.
Pasangan ini sangat beruntung telah menemukan spesies ubur-ubur yang sangat unik dan hanya dapat ditemukan di tiga samudra di negara-negara Eropa dan Mediterania saja.(yant)

Sumber: erabaru.my

Share

Video Popular