Erabaru.net. “Cucilah tangan sebelum makan” adalah apa yang diajarkan guru kepada murid-muridnya yang masih anak-anak.

Beberapa dari kita mungkin tidak terlalu ingat atau tidak mau mendengarkan saran ini.

Maka dari itu, seorang guru yang kreatif ini menekankan pentingnya cuci tangan kepada murid-muridnya, dengan melakukan eksperimen pada roti.

Donna Gill Allen, yang sebagai guru bidang kesehatan di SMA Cape Fear di Fayetteville, North Carolina, AS, memiliki ide untuk menyampaikan alasan pentingnya mencuci tangan sebelum makan kepada murid-muridnya, dengan melakukan “eksperimen paling keren”.

(Foto: Facebook | Donna Gill Allen )

Dalam foto yang dia unggah ke Facebook, ada tiga potong roti dalam plastik yang diberi label “terkendali,” “tangan bersih,” dan “tangan kotor.”

Dia menulis: “Kepada semua teman guru saya ini adalah percobaan paling sulit namun paling keren”.

“Saya melakukan ini saat mengajar tentang kuman dan bagaimana penyebarannya. Anda menggunakan tiga potong roti”.

“Anda membiarkan semua anak-anak melihat Anda memasukkan sepotong roti pertama dalam plastik bertulikan “terkendali” dengan menggunakan sarung tangan “.

“Lalu Anda mencuci tangan Anda dan masukkan sepotong roti kedua ke dalam plastik yang bertuliskan ‘bersih’ ”.

Terakhir, biarkan setiap anak di kelas menyentuh potongan roti terakhir, lalu Anda memasukkan roti tersebut ke dalam plastik yang berlabel kotor.

(Foto : Facebook | Donna Gill Allen)

“Perhatikan bagaimana perubahan roti karena kuman seiring berjalannya waktu. Cara ini sangatlah keren dan sangat bagus untuk mengajarkan pentingnya mencuci tangan kepada murid-murid.”

Foto Allen segera menjadi viral dan banyak orang berkomentar tentang betapa terkesannya mereka dengan eksperimen tersebut, terlebih eksperimen yang memiliki makna penting di dalamnya.

(Foto: Facebook | Donna Gill Allen )

Menurut GoodHousekeeping.com , Birnur K. Aral, PH.D., direktur Lab Kesehatan, Kecantikan & Ilmu Lingkungan di Good Housekeeping Institute, mengatakan, “Percobaan tersebut membuat ilustrasi visual yang bagus tentang kegunaan sabun dan pentingnya cuci tangan untuk mencegah penyebaran kuman.”

Jadi, tahukah Anda cara mencuci tangan dengan benar?

Di situs badan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) , tertulis langkah-langkah mencuci tangan dengan benar :

Basahi tangan Anda dengan air bersih dan mengalir (hangat atau dingin), matikan keran, dan oleskan sabun.

Gosokkan kedua tangan Anda hingga berbusa. Pastikan sabun juga menjangkau punggung tangan, sela-sela jari-jari Anda, dan kuku Anda.

Gosok tangan minimal selama 20 detik. Jika Anda ragu, Anda bisa menggunakan timer atau menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dari awal sampai akhir sebanyak dua kali.

Bilas tangan Anda dengan air bersih dan mengalir.

Keringkan tangan Anda dengan handuk bersih atau biarkan udara mengeringkan tangan Anda secara alami.

Badan CDC ini juga meminta individu untuk menggunakan “cairan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol” jika Anda tak memiliki sabun dan air mengalir.

Karena pembersih tangan berbasis alkohol “dapat dengan cepat mengurangi jumlah kuman di tangan dalam beberapa situasi darurat”.

Namun, badan tersebut memperingatkan bahwa “cairan pembersih tidak menghilangkan semua jenis kuman dan mungkin tidak menghilangkan bahan kimia berbahaya”.(intan/yant)

Sumber: ntd.tv

Share
Kategori: KELUARGA PARENTING

Video Popular