Erabaru.net. Mengompol pada balita tidak dapat dihindari, karena sudah menjadi bagian dari tahap pertumbuhan anak. Namun, melatih balita buang air kecil di kamar mandi adalah sangat penting.

Pelatihan ini perlu dimulai pada tahap awal. Bila orangtua sedang melatih anak untuk buang air kecil di kamar mandi, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan misalnya orangtua harus tahu kapan anaknya harus buang air kecil.

Orangtua tidak dapat mengharapkan anak mengikuti jadwal buang air kecil. Anak harus tahu bagaimana cara buang air kecil saat ia berada di kamar mandi. Hal ini tidaklah mudah, tetapi usaha terus menerus dari orangtua dan anak akan membantu mencapainya.

Kencing sebelum tidur

Anak disuruh buang air kecil sebelum tidur supaya tidak mengompol. Bila anak masih tetap mengompol, maka gantilah seprei dan pakaiannya yang basah karena bila tidak, pakaian basah akan mengiritasi kulitnya.

Lakukan terus hal ini sampai anak dapat mengendalikan kandung kemihnya untuk membangunkan orangtua saat ia ingin buang air kecil.

Hindari minum sebelum tidur

Salah satu tips untuk menghindari mengompol pada balita saat tidur adalah hindari memberi banyak air atau cairan lainnya pada balita sebelum tidur, supaya menurunkan jumlah pembentukan air kemih sehingga balita hanya ingin buang air kecil saat bangun di pagi hari. Hal ini juga akan membuat balita tidur nyenyak di malam hari. Pastikan balita buang air kecil sebelum pergi tidur.

Alarm mengompol

Cara lain untuk menghentikan mengompol pada balita adalah menggunakan alarm mengompol yang akan membangunkan balita saat ia berkeinginan untuk buang air kecil.

Orangtua dapat berkonsultasi mengenai hal ini dengan dokter. Jika balita tetap mengompol, pakaikan kembali popok pada balita karena mungkin ia belum siap, kemudian coba kembali usaha tersebut setelah beberapa bulan lagi.

Pemeriksaan medis

Jika usaha menghentikan mengompol pada balita tetap gagal selama lebih dari 3-6 bulan berusaha, maka periksakan balita pada dokter, untuk mengetahui apakah ia menderita konstipasi dan untuk menyingkirkan penyakit lain seperti diabetes atau infeksi saluran kemih.

Hadiah

Cara lain untuk berhenti mengompol pada balita adalah orangtua memberi hadiah pada balita. Bila dia tidak mengompol pada malam hari supaya anak tetap termotivasi untuk tidak mengompol saat tidur.

Hadiah tidak berarti harus selalu yang mahal; dapat berupa beberapa mainan yang ia sukai atau lebih lama satu jam saat bermain di taman. (vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share

Video Popular