Erabaru.net. Istilah “hiu” memang membuat bulu kuduk kita merinding.

Kita akan teringat pada adegan mengerikan dan berdarah, sebagian besar berkat film Hollywood seperti Jaws dan sensasionalisme media tentang deskripsi hiu sebagai hewan mengerikan.

Namun, seseorang melihat hubungan lucu antara penyelam Rick Anderson dan seekor hiu yang jinak, yang dapat mengubah pemikiran masyarakat tentang hiu.

Anderson, seorang instruktur scuba diving dari New South Wales, pertama kali berhubungan dengan seekor hiu Port Jackson miliknya.

Saat ia pertama kali bertemu dengannya, tubuh hiu itu hanya sepanjang 6 inci, dan ditemukan tepat di lepas pantai Pantai Nobbys.

© Facebook | Ricks Dive School

“Awalnya saya bertemu dengan hiu hanya untuk menunjukkan kepada siswa saya, bagaimana hiu adalah sosok hewan yang ramah, saya membujuknya untuk mendekati saya dan menepuknya.”

“Kemudian saya melihatnya setiap beberapa bulan dan saya pun menjadi semakin tertarik kepadanya,” katanya.

Anderson menjelaskan bagaimana hubungannya dengan hiu dimulai saat menyelam dengan beberapa muridnya, lapor The Daily Telegraph.

© Facebook | Ricks Dive School

Ikan hiu Port Jackson ini selalu berenang mendekatinya kapan pun dia berada di perairan dan menunggu dia memeluk dan menepuknya.

Dan meski kini kini hiu tersebut telah tumbuh dan berkembang, hingga tubuhnya memiliki panjang 1,7 meter, hiu ini masih menyukai Anderson.

© Facebook | Ricks Dive School

Anderson berharap bahwa persahabatannya dengan hiu ini akan membantu mengurangi ketakutan orang terhadap makhluk laut ini.

“Kesalahpahaman terbesar tentang hiu adalah bahwa mereka semua dianggap sebagai pembunuh tanpa akal yang siap menunggu orang masuk ke dalam air untuk dimangsa,” katanya kepada The Dodo.

© Facebook | Ricks Dive School

Selain hiu Port Jackson, ia juga bertemu dengan spesies lain seperti hiu harimau, hiu martil, hiu putih besar, dan sebagainya ketika sedang menyelam di bawah laut.

© Facebook | Ricks Dive School

Setelah melihat hubungan Anderson dengan hiu, dapat dikatakan bahwa kita masih harus banyak belajar tentang bagaimana ketika berurusan dengan makhluk yang hidup dengan kita di planet ini.

© Facebook | Ricks Dive School

Tonton video di bawah ini. (intan/rp)

Sumber: www.ntd.tv

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular