Erabaru.net. Banyak orang tidur siang hanya sesekali di tengah hari. Kemudian ada juga orang lain yang menganggapnya serius dan bisa dibilang “terlalu sering” tidur siang di siang hari.

Misalnya, Leonardo da Vinci, yang tidur siang setiap empat jam untuk mengisi ulang baterai intelektualnya, John F. Kennedy tidur siang pada siang hari setiap harinya, dan Thomas A. Edison yang mengisi harinya dengan banyak tidur siang pendek.

Pada suatu titik, semua tidur siang adalah baik. Dan apakah Anda tahu bahwa tidur sebentar, bahkan 10 menit saja, dapat memberi keajaiban pada diri Anda?

Sebenarnya, panjang pendek waktu yang Anda gunakan untuk tidur siang, memiliki efek yang sangat berbeda yang dapat Anda manfaatkan pada kesempatan-kesempatan yang berbeda. Tidur jenis apa yang paling baik untuk Anda saat ini? Itu yang harus Anda putuskan.

1. Tidur siang pendek (10-20 menit)

Little Things

 

10-20 menit adalah semua yang Anda butuhkan untuk panggilan bangun yang cepat. Jenis tidur siang ini sangat ideal saat Anda butuh sedikit istirahat untuk kembali bekerja. Jenis tidur siang ini juga akan mengembalikan kewaspadaan dan keterampilan motorik seperti mengetik atau memainkan alat musik.

 

Tip untuk ini: gunakanlah pena tidur

Little Things

 

 

Bagaimana cara pena tidur bekerja? Nah, Albert Einstein melakukan ini secara teratur: Dia memegang pena di satu tangan saat tertidur. Begitu penanya jatuh, dia tahu bahwa sudah waktunya untuk bangun.

Salvador Dalí juga penggemar trik ini, kecuali bedanya, dia menggunakan kunci. Suara kunci jauh lebih kuat saat jatuh, jadi jika Anda perlu tidur namun tidak punya waktu banyak, Anda tahu apa yang harus dilakukan.

2. Tidur siang turbo (26 menit)

Little Things

 

Menurut sebuah penelitian NASA tahun 1995, ahli tentang kelelahan, Mark Rosekind menemukan bahwa tidur siang 26 menit meningkatkan kinerja pilot sebesar 54 persen. Tidur siang ini bisa dilakukan juga di sela-sela jam-jam kerja ekstra panjang, baik siang maupun malam.

Tip untuk ini: Secangkir kopi sebelum tidur

Little Things

 

 

Tampaknya kontraproduktif, namun kenyataannya, kafein membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mulai berefek pada tubuh. Jadi minumlah secangkir kopi sebelum tidur siang, dan itu akan memaksimalkan performa Anda begitu bangun dari tidur, tentu tip ini hanya berlaku bagi orang yang tidak mempunyai masalah dengan kopi.

3. Tidur siang performa maksimum (60 menit).

Little Things

 

Tidur selama 60 menit sangat ideal untuk meningkatkan ingatan kognitif. Artinya jika pekerjaan kita perlu, ingat fakta, tempat, wajah,…Tidurlah selama 60 menit sebelum pertemuan atau presentasi penting itu Anda ikuti.

Tip untuk ini: Gunakan ponsel Anda

Little Things

 

Anda tahu, aturlah alarm untuk membangunkan Anda. Pastikan volumenya cukup keras untuk membangunkan Anda, tapi jangan sampai merusak telinga juga!

4. Tidur siang siklus penuh (90 menit)

Little Things

 

Tidur siang siklus penuh memberi manfaat keseluruhan siklus tidur. Dan hanya butuh 90 menit untuk melakukannya.

Jenis tidur siang ini membantu kinerja kreatif dan emosional Anda.

Selain itu, tidur siang ini juga meningkatkan daya ingat akan proses, seperti belajar mengendarai sepeda, bagaimana mengemudi…

Tip untuk ini: Kenakanlah topeng masker mata 

Little Things

 

Untuk menikmati tidur siang siklus penuh, Anda perlu tidur dengan nyenyak. Di sinilah masker mata memerankan fungsinya. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa berada dalam kegelapan membantu Anda tidur lebih cepat.

Dan sekarang setelah Anda mengetahui semua ini, tidakkah Anda ingin tidur siang sejenak? Mari kita tidur siang… (Anggi/ Jul)

Sumber: littlethings.com

Share

Video Popular